Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Membedakan AirPods Asli dan Palsu biar Tak Kena Tipu

Kompas.com - 07/05/2022, 16:06 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - AirPods merupakan aksesoris earphone buatan Apple yang dapat disambungkan ke iPhone, iPad, atau Macbook, secara nirkabel melalui Bluetooth.

Sebagai bagian dari produk Apple, AirPods juga memiliki harga yang relatif lebih mahal ketimbang produk serupa lainnya. Misalnya, harga AirPods Pro terpantau di laman resmi iBox masih berada pada angka Rp 3,9 juta.

Baca juga: Apa itu iPhone Refurbished yang Biasa Dijual Lebih Murah? Amankah Digunakan?

Kemudian layaknya iPhone, AirPods ternyata juga cukup banyak produk tiruannya yang dijual di beberapa marketplace, salah satunya seperti Shopee. AirPods versi tiruan atau palsu biasa juga dikenal dengan AirPods Clone.

Harga dari AirPods Clone jauh lebih murah ketimbang AirPods versi orisinal atau asli. Umumnya, AirPods Clone memiliki desain yang serupa dengan AirPods asli. Jika dilihat sekilas antara AirPods asli dan palsu mungkin hampir tak ada bedanya.

Ilustrasi AirPods Clone yang dijual di Shopee dengan bentuk mirip AirPods 3Shopee.co.id Ilustrasi AirPods Clone yang dijual di Shopee dengan bentuk mirip AirPods 3

Kendati secara desain sama, AirPods Clone bukan buatan resmi Apple dan tidak dapat dipastikan kualitasnya, baik dari segi ketahanan baterai, suara yang dikeluarkan, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang berminat untuk membeli AirPods, ada baiknya untuk mengetahui dulu cara membedakan AirPods asli dan palsu agar tak tertipu, mengingat keduanya memiliki tampang yang hampir mirip.

Cara membedakan AirPods asli dan palsu

1. Cek harga AirPods

Sebagaimana telah disebut sebelumnya, AirPods palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang AirPods asli. Sebagai contoh, terpantau di marketplace Shopee, Airpods Pro Clone dapat dibeli dengan harga mulai Rp 300.000’an.

Sementara AirPods Pro versi orisinal, harganya saja hampir menyentuh Rp 4 juta. Dari segi harga tersebut, bisa terlihat jelas perbedaan antara AirPods asli dan palsu. Namun, selain harga ada beberapa hal lain yang juga perlu untuk diperiksa, seperti di bawah ini.

2. Cek fitur dan ketahanan baterai AirPods

Untuk membedakan AirPods asli dan palsu, caranya juga bisa dilakukan dengan memeriksa fitur perangkat. Pada AirPods versi asli, Anda bisa mengganti nama perangkat dengan cara mengetuk opsi “Bluetooth” di menu pengaturan, saat telah terhubung dengan iPhone.

Kemudian, klik ikon “i” dan lakukan perubahan nama perangkat. Sedangkan pada AirPods palsu, fitur perubahan nama perangkat ini umumnya tidak tersedia. Namun, beberapa di antara AirPods palsu yang beredar kini dibekali pula fitur perubahan nama perangkat.

Fitur lain yang perlu dicoba juga adalah Noise Cancellation dan Transparancy Mode (bila berencana membeli AirPods Pro atau AirPods Max). Dua fitur tersebut dapat dijumpai pada halaman yang sama untuk mengubah nama perangkat AirPods.

Baca juga: 10 Tips Membeli iPhone Bekas agar Tidak Tertipu

Secara sederhana, Noise Cancellation merupakan fitur yang memungkinkan AirPods untuk meredam kebisingan di sekitar. Sedangkan Transparency Mode, merupakan fitur yang membuat AirPods mampu membawa suara dari luar untuk masuk ke telinga pengguna.

Beberapa Airpods palsu ada yang bisa menampilkan opsi dari dua fitur tersebut di pengaturan Bluetooth iPhone. Meski opsi tersebut muncul, tapi fungsi dari fitur tidak bisa berjalan atau digunakan selayaknya.

Selain dari fitur, hal yang membedakan AirPods asli dan palsu juga bisa dijumpai pada ketahanan baterainya. Baterai AirPods palsu biasanya bakal lebih cepat habis. Persentase baterainya pun kadang bisa berubah-ubah tidak menentu.

3. Cek nomor seri AirPods

Cara membedakan AirPods asli dan palsu yang berikutnya adalah dengan memeriksa nomor seri perangkat atau biasa dikenal dengan serial number. Lantas, di mana serial number AirPods bisa diketahui?

Serial number AirPods biasanya tertera di tutup wadah pengisi daya. Bila tidak tertera nomor seri pada tutup wadah tersebut, kemungkinan besar itu adalah AirPods Clone.

Anda juga bisa memastikan keabsahan AirPods dengan nomor seri yang tercantum melalui wesbite pemeriksaan layanan dan dukungan untuk produk Apple.

Caranya, kunjungi laman berikut https://checkcoverage.apple.com/id/id/, lalu masukkan serial number AirPods di kolom yang tersedia. Bila muncul informasi mengenai dukungan perangkat maka AirPods tersebut merupakan produk asli buatan Apple.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Kuota Biar Tak Boros Paket Data Internet

Itulah informasi seputar cara membedakan AirPods asli dan palsu agar tidak tertipu, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com