Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Setop Layanan Podcast Bulan Depan

Kompas.com - 09/05/2022, 09:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Tahun 2021 boleh dibilang menjadi tahunnya konten audio digital. Ini ditandai dengan melejitnya popularitas aplikasi berbasis audio, seperti Spotify Podcast, Clubhouse, dan Twitter Space.

Tak ayal, raksasa jejaring sosial Facebook pun tak mau ketinggalan, sehingga meluncurkan tiga fitur berbasis audio di dalam platform miliknya sepanjang 2021, untuk menyaingi Clubhouse. Ketiga fitur itu adalah Podcast, Soundbites, dan Live Audio Rooms.

Namun, menuju pertengahan tahun 2022 ini, outlet media Bloomberg melaporkan bahwa minat Meta Platform Inc. (induk Facebook) terhadap bisnis berbasis audio dilaporkan telah memudar.

Fitur Podcast di aplikasi FacebookFacebook Newsroom Fitur Podcast di aplikasi Facebook
Alhasil, Meta memutuskan untuk menyetop dan menutup seluruh fitur berbasis audio yang tersedia di jejaring sosialnya dalam waktu dekat.

Baca juga: Spotify Permudah Pengguna Cari Lagu dan Podcast

Menurut laporan Bloomberg, layanan Podcast di Facebook sendiri bakal disetop mulai 3 Juni 2022. Ini artinya, fitur Podcast Facebook belum genap berumur satu tahun ketika resmi ditutup pada awal Juni nanti.

Facebook sendiri baru meluncurkan layanan Podcast di platformnya pada 22 Juni 2021.

Meski baru ditutup bulan depan, Bloomberg melaporkan bahwa pengguna sudah tidak bisa menambahkan konten Podcast ke Facebook mulai minggu pertama Mei 2022 ini.

Podcast sendiri merupakan layanan berupa rekaman audio serupa siaran radio yang biasanya menyajikan pembahasan suatu topik oleh satu orang atau lebih. Formatnya biasanya audio digital.

Soundbites dan Live Audio Rooms juga ditutup

Selain Podcast, Facebook juga memiliki fitur berbasis audio Soundbites dan Live Audio Rooms. Senasib dengan Podcast, layanan Soundbites juga akan dihentikan dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur Soundbites di aplikasi FacebookFacebook Newsroom Fitur Soundbites di aplikasi Facebook
Fitur Soundbites sebetulnya mirip seperti Stories. Hanya saja, yang ditampilkan bukanlah berupa video, melainkan hanya suara yang dikemas layaknya klip audio berdurasi singkat.

Lewat Soundbites, pengguna bisa merekam suara dan membagikan konten audio berupa kata-kata motivasi, puisi, lelucon, ASMR, atau ungkapan diri mereka.

Fitur Soundbites sendiri baru dirilis ke pengguna pada Oktober 2021.

Sementara menurut pantauan KompasTekno, Senin (9/5/2022), fitur Live Audio Rooms sendiri sudah menghilang dari Facebook.

Dalam sebuah keterangan, Meta memang bakal mengintegrasikan fitur Live Audio Rooms ke dalam fitur Facebook Live, tidak lagi berdiri sendiri.

Baca juga: Ingin Saingi Clubhouse, Facebook Bayar Kreator Konten agar Pakai Audio Rooms?

Jadinya, ketika melakukan siaran langsung (live), pengguna dapat memilih untuk melakukan live dengan format audio saja (warisan fitur Live Audio Rooms) atau dengan audio sekaligus video.

Halaman:
Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com