Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna XL Axiata Doyan Main Game dan Streaming Video Selama Lebaran 2022

Kompas.com - 09/05/2022, 20:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama momen libur Idulfitri 2022, pelanggan XL Axiata dilaporkan doyan menonton video streaming di sejumlah platform, seperti Netflix dan YouTube.

Setidaknya begitulah menurut data internal XL Axiata.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (9/5/2022), XL Axiata mencatat adanya lonjakan traffic (lalu-lintas) layanan data sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, antara 24 April hingga 7 Mei 2022.

Lonjakan trafik data di jaringan XL Axiata mencapai 33 persen lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran 2021, atau 11 persen lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadhan 2022.

Baca juga: XL Janji Kecepatan 4G Makin Kencang jika 3G Mati Total

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa merinci, lonjakan trafik data di jaringan XL Axiata di momen Ramadhan dan Lebaran 2022 itu didominasi oleh aktivitas streaming video.

XL mencatat, peningkatan trafik data untuk layanan streaming sendiri mencapai 52 persen secara nasional.

"Lebaran tahun ini dipenuhi suasana euforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa kita lihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan," kata I Gede.

"Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan," pungkas dia.

Adapun aplikasi streaming yang mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan adalah Netflix (naik 16 persen) dan YouTube (naik 40 persen). Sementara trafik data dari aplikasi video-on-demand Vidio ralatif stabil.

Pelanggan XL juga doyan main game dan media sosial

Selain streaming video, layanan gaming dan media sosial juga menunjukkan peningkatan trafik yang signifikan selama libur Lebaran 2022, kenaikannya masing-masing mencapai 66 persen dan 42 persen dibandingkan dengan hari biasa di 2022.

Untuk media sosial, menurut XL Axiata, aplikasi media sosial yang trafiknya melonjak selama Ramadhan dan Lebaran 2022 adalah TikTok (naik 76 persen), WhatsApp (38 persen), Facebook (38 persen), dan Twitter (29 persen).

Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik di antaranya ada belanja online melalui marketplace, peningkatannya mencapai 23 persen. Selain itu, layanan web browsing juga naik 36 persen dan layanan peta (Google Maps dan Waze) meningkat 48 persen dibanding hari normal.

Baca juga: XL Axiata Tambah Kapasitas Jaringan Jelang Ramadhan 2022

Layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 6 persen. Sementara layanan telekomunikasi voice (telepon) mengalami penurunan 3 persen dibandingkan hari biasa.

Berbicara soal daerah, I Gede mengungkapkan bahwa kenaikan lalu-lintas layanan data di jaringan XL Axiata ini terjadi di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Berikut rinciannya:

  • Jawa Tengah (naik 23 persen)
  • Jawa Timur (24 persen)
  • Jawa Barat (20 persen)
  • Sumatera Utara (21 persen)
  • Bali-Lombok-Sumbawa (19 persen)
  • Sumatera Selatan (17 persen)
  • Kalimantan (17 persen)
  • Sulawesi (14 persen)

Sementara itu, bila dilihat dari area kota/kabupaten, ada lima kabupaten/kota dengan kenaikan trafik tertinggi secara nasional, sebagai berikut:

  • Kabupaten Sampang (naik 41 persen)
  • Kabupaten Bangkalan (39 persen)
  • Kabupaten Lombok Tengah (35 persen)
  • Kabupaten Brebes (33 persen)
  • Kabupaten Purwakarta (25 persen)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com