Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Hapus "Nearby Friends" dan Fitur Berbasis Lokasi Lainnya Akhir Mei 2022

Kompas.com - 10/05/2022, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Raksasa jejaring sosial Facebook bakal segera menghapus sejumlah fitur yang mengandalkan informasi lokasi pengguna.

Salah satunya adalah fitur "Nearby Friends", fitur yang memungkinkan pengguna Facebook berbagi lokasi terkini dengan teman Facebook lainnya.

Menurut laporan outlet media 9to5Mac, sejumlah pengguna Facebook sudah mulai menerima notifikasi penghentian sejumlah fitur berbasis lokasi di Facebook.

Menurut notifikasi tersebut, fitur Nearby Friends dan Weather Alerts (peringatan cuaca) akan disetop mulai akhir bulan Mei 2022 ini.

Baca juga: Google Rilis Nearby Share di Android, Fitur Berbagi File Mirip Apple AirDrop

"Nearby Friends dan Weather alerts tidak akan tersedia lagi setelah 31 Mei 2022," tulis notifikasi Facebook.

Menurut pantauan KompasTekno di aplikasi Facebook di ponsel Android, Selasa (10/5/2022), fitur Nearby Friends ini masih tersedia dan dapat digunakan oleh pengguna. Fitur ini bisa diakses dengan cara klik menu tiga garis di beranda aplikasi mobile Facebook > klik "Nearby Friends" > klik "Get started".

Ilustrasi notifikasi Facebook terkait penghentian fitur berbasis lokasi pengguna, seperti Nearby Friends dan weather alerts.9to5mac Ilustrasi notifikasi Facebook terkait penghentian fitur berbasis lokasi pengguna, seperti Nearby Friends dan weather alerts.
Riwayat lokasi pengguna bakal dihapus 1 Agustus 2022

Setelah dua fitur itu resmi meninggalkan platform, Facebook mengungkapkan pihaknya juga akan berhenti mengumpulkan informasi lokasi, yang sebelumnya dikumpulkan, agar pengguna bisa menikmati fitur Nearby Friends dan Weather alerts.

Baca juga: Cara Mencari WiFi Terdekat dengan Aplikasi Facebook

"Informasi yang Anda bagikan yang digunakan untuk pengalaman ini, termasuk Location History dan Background Location, akan berhenti dikumpulkan setelah 31 Mei 2022, meskipun Anda telah mengaktifkannya sebelumnya," tulis Facebook.

Untuk data Location History (riwayat lokasi) sendiri sedianya dikumpulkan secara otomatis oleh Facebook untuk membuat penanda lokasi atau tempat-tempat mana saja yang sudah dikunjungi pengguna.

Menurut Facebook, data riwayat lokasi tersebut bisa diunduh oleh pengguna hingga 1 Agustus 2022. Setelah itu, Facebook akan menghapus data ini.

Sayangnya, dihapusnya data "Location History" ini tidak serta-merta berarti aplikasi Facebook akan berhenti mengumpulkan informasi lokasi pengguna.

Perusahaan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini menyatakan bahwa data lokasi pengguna masih akan dikumpulkan "untuk pengalaman lain" di aplikasi, sebagaiman dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (10/5/2022).

Namun, pengguna aplikasi Facebook di ponsel berbasis sistem operasi Android dan iOS tetap bisa menonaktifkan akses lokasi untuk aplikasi Facebook. Anda bisa menyimak caranya di artikel "Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Facebook untuk Menjaga Privasi".

Fitur "Nearby Friends" sempat dihapus pada 2012

Facebook telah menghentikan layanan Find Friends Nearby karena alasan privasi.Wired.com Facebook telah menghentikan layanan Find Friends Nearby karena alasan privasi.
Bila kilas balik, ini bukan pertama kalinya Facebook menghapus fitur Nearby Friends dari platform jejaring sosialnya.

Kurang lebih satu dekade yang lalu, Facebook diketahui memiliki fitur serupa bernama "Find Nearby Friends". Fitur ini sejatinya membantu pengguna Faacebook menemukan pengguna Facebook lain yang berada di sekitarnya.

Baca juga: Facebook Setop Layanan Podcast Bulan Depan

Namun, pada 2012, fitur ini disetop. Musababnya, fitur Find Nearby Friends dianggap dapat dimanfaatkan, misalnya penculik, untuk memantau posisi sasarannya. Aplikasi ini juga menuai protes dari sejumlah pengguna Facebook. Alhasil, Facebook pun menghapus fitur ini.

Namun, hanya berselang satu tahun, Facebook meluncurkan fitur serupa pada 2013.

Facebook berkilah, fitur "Find Friends Nearby" yang dulu dihapus sebenarnya belum dirilis secara resmi dan masih dalam fase pengujian.

Pada 2013, Facebook dialporkan meluncurkan fitur Find Nearby Friends versi final (bukan versi beta) tersebut untuk publik dan dijamin soal keamanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com