Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Nonton Google I/O Malam Ini, Ada Android 13 dan Pixel Baru?

Kompas.com - 11/05/2022, 17:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sesuai tradisi, Google menggelar ajang tahunan bertajuk Google I/O 2022. Acara ini akan diselenggarakan pada 11 Mei pukul 10.00 Pacific Time (PT) atau 12 Mei pukul 00.00 WIB.

Seperti tahun lalu, Google I/O 2022 ini juga akan sepenuhnya digelar secara daring alias online. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh CEO Google, Sundar Pichai melalui sebuah kicauan di akun Twitter pribadinya.

Nantinya, para pemateri akan melakukan siaran langsung dari Shoreline Aphitheatre, Mountain View, California, termasuk CEO Alphabet Sundar Pichai.

Google I/O 2022 akan memamerkan sejumlah inovasi terbaru Google. Beberapa produk yang diprediksi akan diperkenalkan adalah smartwatch pertama Google yang digadang-gadang memiliki nama Pixel Watch.

Baca juga: Ketika Google Pixel Watch yang Belum Dirilis Tertinggal di Restoran...

Google juga konon akan memperkenalkan smartphone Pixel 6A. Apabila mengacu pada aspek penamaannya, embel-embel "A" di belakang nama seri smartphone ini mengindikasikan Pixel 6A sebagai perangkat "murah" besutan Google.

Selain itu, Google juga biasanya memperkenalkan sistem operasi terbarunya dalam ajang tahunan ini. Pada tahun ini, Google diyakini akan memperkenalkan Android 13.

Karena masih terpengaruh oleh pandemi, hanya segelintir karyawan Google yang diperbolehkan untuk menghadiri acara fisik di Shoreline Aphitheatre.

Cara menonton Google I/O 2022

Bagi penonton yang berminat untuk mengikuti acara secara online, Google mengadakan sesi livestreaming yang dapat disaksikan di kanal YouTube Google melalui tautan berikut. 

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada seluruh penonton, Google turut menyediakan tayangan khusus yang menampilkan Google I/O dalam bahasa isyarat. Tayangan ini disiarkan secara terpisah dan bisa diakses pada tautan berikut. 

Rumor perangkat baru

Salah satu perangkat yang akan diperkenalkan Google dalam ajang ini konon adalah Pixel Watch.

Beberapa waktu lalu, perangkat yang diyakini merupakan Pixel Watch sempat tertinggal di sebuah restoran di Chicago, Amerika Serikat.

Pixel Watch yang tertinggal itu terlihat memiliki layar berbentuk lingkaran, meski tidak diketahui secara pasti berapa diameternya.

Strap pada arloji pintar ini memiliki warna hitam dengan lebar 20 mm dan disebut hampir identik dengan tali dari smartwatch Fitbit Charge 5.

Berdasarkan bocoran yang dibaikan tipster Yogesh Brar, Pixel Watch bakal menjadi perangkat hasil kolaborasi Google dengan Samsung.

Baca juga: Google, Facebook, dkk Wajib Ungkap Rahasia Algoritmanya di Eropa

Hal ini terlihat dari sensor elektrokardiogram (EKG) yang ditujukan untuk memonitor detak jantung. Sensor ini serupa dengan yang dimiliki perangkat Samsung Galaxy Watch.

Pixel Watch disinyalir bakal menjalankan sistem operasi WearOS 3.1 terbaru dan dijual dengan banderol 300-400 dollar AS (sekitar Rp 4,3-5,8 juta).

Selain Pixel Watch, Google dipercaya juga akan memamerkan Pixel 6A. Smartphone penerus Pixel 5A ini dikatakan bakal ditenagai chipset Google Tensor yang sebelumnya hadir pertama kali di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Dihimpun KompasTekno dari Life Hacker, Rabu (11/5/2022), sistem operasi terbaru Google, yakni Android 13, juga dipercaya bakal dipresentasikan di Google I/O 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com