Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pixel Watch Resmi Diperkenalkan, Smartwatch Pertama Google

Kompas.com - 12/05/2022, 14:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google resmi memperkenalkan arloji pintar pertamanya Pixel Watch melalui ajang kumpul developer tahunan Google I/O 2022 yang digelar pada 12 Mei sekitar pukul 00.00 WIB dini hari tadi.

Desain dan spesifikasi Pixel Watch kurang lebih hampir sama seperti rumor yang beredar selama ini. Aspek layar misalnya, Smartwatch ini memiliki layar berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh bezel berwarna hitam.

Layar Pixel Watch memiliki tepian yang melengkung dan bentuk yang sedikit cembung layaknya sebuah kubah.

Baca juga: Google Disebut Akan Luncurkan Smartwatch Pertamanya Tahun Depan

Secara keseluruhan, bodi Pixel Watch dibalut dengan material berbahan stainless steel. Pada bagian kanan perangkat, Google turut menyertakan sebuah "Crown" yang diletakkan berdampingan dengan sebuah tombol fungsi.

Crown sendiri merupakan tombol fisik yang berfungsi sebagai tombol "home" atau untuk mengakses daftar aplikasi.

Tampilan sisi depan Pixel Watch.Google Tampilan sisi depan Pixel Watch.

Di sekeliling Pixel Watch, terdapat dua lubang kecil dengan sebuah lubang speaker. Bagian bawah Pixel Watch tampak memiliki ukuran yang cukup tebal.

Pada bagian ini, pengguna dapat menjumpai rangkaian sensor yang berfungsi untuk menjalankan sejumlah fitur, seperti memantau denyut jantung dan memonitor waktu tidur.

Baca juga: Ketika Google Pixel Watch yang Belum Dirilis Tertinggal di Restoran...

Pixel Watch menjalankan sistem operasi khas smartwatch buatan Google, yakni WearOS 3 yang dilapisi antarmuka yang mampu menampilkan notifikasi dan petunjuk arah.

Beberapa fitur yang dapat dijalankan pada Pixel Watch mencakup Google Maps, Google Assistant, Google Wallet, dan Google Home.

Pixel Watch mampu menampilkan petunjuk arah dari aplikasi Maps, meski posisinya tidak sedang berdekatan dengan smartphone yang terhubung ke perangkat.

Google Wallet dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran, sedangkan Google Home untuk mengontrol perangkat yang terhubung ke ekosistem smart home.

Google turut menyertakan fitur Emergency SOS yang diklaim mampu membantu pengguna untuk melakukan panggilan ke layanan darurat dan menghubungi kontak teman atau keluarga saat berada di tengah situasi genting.

Baca juga: Hal yang Ditunggu dari Google I/O 2022 Malam Ini, Pixel Watch hingga Update Android

Ada pula fitur Find My Device yang bisa digunakan untuk melacak lokasi smartphone Pixel, earbuds, atau perangkat lain yang hilang.

Dalam merancang Pixel Watch, Google turut mengintegrasikan sejumlah kemampuan dari Fitbit, vendor aksesori fitness yang telah diakuisisi perusahaan pada 2019 lalu.

Hal ini ditandai dengan hadirnya fitur Active Zone Minutes yang berfungsi untuk melihat analisa statistik saat sedang berolahraga.

Baca juga: Google Beli Fitbit Rp 29 Triliun

Halaman:
Baca tentang
Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com