Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Pertama dengan USB-C Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 13/05/2022, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple diramalkan akan mengganti konektor lightning dengan USB Type-C di iPhone 15 yang dirilis tahun depan.

Setidaknya begitulah prediksi Ming-Chi Kuo, seorang analis kenamaan sekaligus pembocor produk baru Apple yang kerap akurat.

Dalam sebuah utas di akun Twitter pribadinya, Kuo mengatakan bahwa iPhone terbaru yang dirilis paruh kedua (Juli-Desember) tahun 2023 akan meninggalkan port Lightning dan beralih ke USB-C

"USB-C dapat meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone dalam desain perangkat keras, tetapi detail spesifikasi akhir masih bergantung pada dukungan iOS," tulis Kuo di akun Twitter dengan handle @mingchikuo.

Baca juga: iPhone dengan Konektor USB C Ditawar Lebih dari Rp 200 Juta

Masih dalam utas yang sama, Kuo memprediksi, pemasok ekosistem Apple bakal menjadi fokus pasar dalam 1-2 tahun ke depan, berkat pesanan besar dari iPhone dan adopsi aksesori port USB-C.

Informasinya tersebut diduga didapatkan Kuo dari sumber yang mengetahui soal rantai pasokan Apple.

Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.GSMArena Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.
Kuo sendiri memang tidak menyebutkan secara gamblang tipe iPhone yang pertama kali akan dibekali port USB Type-C.

Apple sendiri saat ini disinyalir sedang menyiapkan iPhone 14 series.

Bila skema penamaan lini iPhone tidak diubah, maka di tahun 2023, Apple kemungkinan bakal memperkenalkan iPhone 15 series dengan port USB-C.

Bila informasi Kuo akurat, artinya seri iPhone 14 akan menjadi iPhone generasi terakhir yang dilengkapi port Lightning untuk mengisi daya dan transfer data, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Jumat (13/5/2022).

Untuk diketahui, USB Type-C memiliki beberapa keunggulan dibanding konektor USB lainnya. Pertama, USB-C memiliki sifat reversible. Artinya, pengguna bisa dengan mudah membolak-balik kepala kabel USB Type-C jika ingin memasukkannya ke lubang konektor smartphone.

Kedua, USB Type-C sudah mendukung teknologi USB hingga versi 3.1 Gen 2 dengan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps.

Baca juga: iPhone X Dimodifikasi, Konektor Lightning Diganti USB-C

iPhone keluaran Eropa bakal diwajibkan pakai USB Tipe C

Saat ini, sebagian besar pabrikan smartphone, terutama perangkat dengan sistem operasi (OS) Android, telah beralih ke konektor USB-C.

Apple sendiri sebenarnya sudah mulai melakukannya. Misalnya seperti pada laptop MacBook hingga iPad Mini, semua kini menggunakan konektor yang praktis dan universal itu.

Namun, Apple masih ngotot memakai port Lighting lawas pada jajaran iPhone bikinannya, termasuk pada seri terbaru iPhone 13.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com