Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Jual-Beli Kripto Setop Perdagangan Terra Luna

Kompas.com - 13/05/2022, 13:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga Terra Luna makin anjlok setelah terjun hampir 90 persen dalam seminggu terakhir.

Mengutip laman Coinmarketcap pada Jumat (13/5/2022) pagi ini harganya hanya 0,006463 dollar AS atau sekitar Rp 94,4 per keping koin, turun lebih dari 99 persen dalam perdagangan bursa kripto dalam 24 jam terakhir.

Akibat harganya yang anjlok, platform jual-beli aset kripto di Indonesia menghentikan aktivitas jual dan beli Terra Luna. Seperti platform Tokocrypto (PT Crypto Indonesia Berkat) dan Triv.co.id (PT Tiga Inti Utama), misalnya.

CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai, mengungkapkan, platofrm Tokocrypto sudah menghapus token Luna dan TerraUSD (UST) per hari ini, Jumat (13/5/2022).

"Setelah peninjauan mendalam, pairing token LUNA/BNB, LUNA/BIDR, LUNA/BTC, LUNA/USDT dan UST/USDT dihapus dan dihentikan transaksinya di Platform Tokocrypto sejak Jumat, 13 Mei 2022 pukul 08.30 WIB," kata Kai kepada KompasTekno.

Baca juga: Harga Terra Luna Makin Anjlok, Sentuh Rp 94 Per Keping

Kai menambahkan, kebijakan Tokocrypto selaras dan berhubungan dengan jaringan on-chain yang digunakan oleh Binance, crypto exchange terbesar di dunia.

Menurut dia, pengguna Tokocrypto masih dapat memperdagangkan aset Luna pada pasangan perdagangan lain yang masih tersedia di Tokocrypto.

"Pengguna yang terkena dampak penghapusan ini dan masih memiliki dana dari token Luna, masih bisa melakukan penarikan atau withdraw menggunakan pairing LUNA/BUSD," kata Kai.

Sama seperti Tokocrypto, platform perdagangan aset kripto Triv juga telah menghentikan perdagangan aset Luna mulai hari ini.

Hal ini dikonfirmasi oleh Founder dan CEO Triv.co.id Gabriel Rey kepada KompasTekno melalui pesan singkat.

"Triv memutuskan untuk menghentikan Luna dan TerraUSD (UST) per 13 Mei 2022 pukul 09.00 WIB. Karena selain harganya telah menurun 99 persen, blockchain Terra juga mati sehingga tidak bisa ada transaksi pada blockchain Terra," kata Gabriel.

Platform Pintu setop jual-beli luna jika harganya Rp 10

Sedikit berbeda dengan Tokocrypto dan Triv, platform perdagangan aset digital "Pintu" (PT Pintu Kemana Saja) masih memperdagangkan aset Terra Luna di platformnya.

Namun, Pintu sudah mengumumkan bahwa platformnya juga akan ikut menghentikan transaksi jual-beli Terra Luna, bila harga token ini mencapai Rp 10.

Baca juga: Mengenal Luna Coin, Aset Kripto yang Harganya Tengah Anjlok

Pengumuman itu disampaikan oleh platform Pintu melalui sebuah posting di blog resminya pada Kamis (12/5/2022), berikut bunyinya.

Halo teman-teman Pintu,

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com