Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bertemu Elon Musk di SpaceX, Ini yang Dibicarakan

Kompas.com - 15/05/2022, 07:50 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bertemu dengan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk pada Sabtu (14/5/2022) waktu Amerika Serikat. Jokowi menemui Elon Musk di markas SpaceX, Boba Chica, AS.

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi PresidenRI.go.id, Minggu (15/5/2022), Jokowi tiba di Gedung Stargate SpaceX pada pukul 10.30 waktu setempat. Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Elon Musk.

Keduanya meninjau fasilitas produksi roket SpaceX, setelah sebelumnya melakukan sebuah pertemuan khusus. Menurut Presiden Joko Widodo, dalam pertemuan ini ia dan Elon Musk membicarakan tentang investasi teknologi serta inovasi.

Baca juga: Elon Musk Tangguhkan Rencana Beli Twitter, Ini Sebabnya

Adapun kunjungan Jokowi ke SpaceX merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, untuk berbicara dengan Elon Musk.

"Dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," jelas Jokowi, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman PresidenRI.go.id.

Elon Musk sendiri disebut tertarik dengan masa depan Indonesia. Pria berusia 50 tahun ini menilai Indonesia sebagai negara yang optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon.

Elon Musk berkunjung ke Indonesia

Jokowi juga mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

Baca juga: Twitter Beri Tanda Khusus Akun Presiden Joko Widodo

“Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia,” ucap Jokowi.

Undangan tersebut disambut dengan tangan terbuka oleh Elon Musk. Ia mengaku berencana meluangkan waktu untuk berkunjung ke Tanah Air pada November 2022.

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," pungkas Elon Musk.

Setelah kurang lebih satu jam berbincang-bincang dengan Elon Musk, Presiden Jokowi kemudian meninggalkan kawasan SpaceX.

Kedatangan Jokowi di Gedung Stargate SpaceX turut didampingi oleh sejumlah jajaran Menteri, yang terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com