Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Tertarik Kerja Sama dengan Indonesia lewat Tesla dan SpaceX

Kompas.com - 15/05/2022, 11:29 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia. Kerja sama ini akan turut melibatkan dua perusahaan teknologi milik Elon Musk, yakni Tesla dan SpaceX.

Hal tersebut disampaikan Elon Musk kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melakukan kunjungan ke markas SpaceX di Gedung Stargate SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022) waktu setempat.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon Musk dikutip KompasTekno dari halaman resmi PresidenRI.go.id.

Elon Musk mengaku melihat besarnya potensi yang masih layak untuk digali dari Indonesia. Lebih lanjut, Elon Musk turut menilai bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki energi positif dan sangat optimistis terhadap masa depan.

Baca juga: Jokowi Bertemu Elon Musk di SpaceX, Ini yang Dibicarakan

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” kata Elon.

Elon Musk bahkan berencana untuk melakukan kunjungan langsung ke Indonesia pada November 2022 mendatang. Kunjungan tersebut dilakukan untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo.

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," kata Elon Musk.

Dalam kunjungan yang dilakukan, Presiden Joko Widodo membahas lebih lanjut potensi kerja sama mengenai investasi, teknologi serta inovasi yang akan dilakukan Indonesia bersama dengan Tesla dan SpaceX.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ujar Jokowi.

Selama berada di Gedung Stargate SpaceX, Jokowi melakukan pertemuan dengan Elon Musk, sebelum berkeliling untuk melihat lebih dekat fasilitas produksi roket SpaceX.

Baca juga: Elon Musk Akan Kunjungi Indonesia November 2022

Tidak sendirian, Jokowi turut ditemani Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Setelah kurang lebih satu jam berada berada di sana, Presiden Jokowi kemudian meninggalkan kawasan SpaceX.

Di hari yang sama, Jokowi kemudian mengakhiri lima hari kunjungannya di AS. Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC sekitar pukul 17.38 waktu setempat.

Perjalanan Jokowi kemudian akan dijadwalkan ke Uni Emirat Arab untuk menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat (13/05/2022) yang lalu.

Pesawat yang dinaiki Jokowi diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Minggu (15/05/2022) sore waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com