Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memblokir Nomor Telepon di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 15/05/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tiap smartphone saat ini kebanyakan telah dibekali dengan fitur untuk memblokir nomor telepon, tak terkecuali iPhone. Fitur tersebut cukup berfungsi untuk menjaga privasi agar tak diganggu oleh nomor telepon asing atau tidak dikenal.

Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mendapati iPhone dihubungi oleh nomor telepon tak dikenal. Biasanya, kasus penelepon dengan nomor tak dikenal datang dari perusahaan tertentu yang menawarkan suatu produk.

Baca juga: Cara Mengubah Lokasi atau Fake GPS di iPhone dengan Aplikasi AnyGo

Penelepon bisa menghubungi berulang-ulang dan mungkin bakal cukup mengganggu. Bila dirasa telepon dari nomor tak dikenal itu sudah amat mengganggu, Anda bisa memblokirnya di iPhone.

Memblokir nomor di iPhone itu caranya cukup mudah, tak perlu sampai harus menggunakan aplikasi tambahan. Anda bisa memanfaatkan fitur dari aplikasi bawaan bernama “Call”, yang biasanya dipakai untuk melakukan panggilan telepon.

Saat nomor diblokir maka penelepon tidak bakal bisa menghubungi iPhone Anda lagi, baik via panggilan telepon maupun pesan SMS. Sudah penasaran dengan bagaimana cara memblokir nomor tidak dikenal di iPhone? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara memblokir nomor telepon di iPhone

  • Buka aplikasi bawaan “Call” atau “Telepon” di iPhone Anda
  • Klik menu panggilan “Terbaru” yang tertera di bagian bawah layar aplikasi
  • Cari nomor tidak dikenal yang hendak diblokir
  • Jika telah ketemu, klik ikon bulat dengan huruf “i” ditengahnya yang tertera di samping nomor tidak dikenal itu
  • Terakhir, klik opsi “Blokir Penelepon ini” dan nomor tak dikenal itu tidak bakal bisa menghubungi Anda lagi.

Ilustrasi cara memblokir nomor telepon tak dikenal di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara memblokir nomor telepon tak dikenal di iPhone

Fitur ini tidak hanya bisa dipakai pada nomor telepon yang tidak dikenal, melainkan juga bisa digunakan untuk memblokir nomor telepon dari seseorang yang tersimpan pada daftar kontak.

Untuk blokir kontak di iPhone, caranya hampir sama dengan yang tertera di atas. Ada perlu mengakses aplikasi “Call”, lalu memilih menu “Kontak” yang tertera di bawah layar aplikasi.

Selanjutnya, pilih kontak yang hendak diblokir dan pilih opsi “Blokir Penelepon ini”. Blokir kontak di iPhone ini tidak bersifat permanen, artinya Anda masih bisa untuk membukanya kapan saja bila diperlukan.

Cara membuka blokir nomor telepon di iPhone bisa dilakukan dengan mengetuk opsi “Buka Blokir Penelepon ini”. Saat mengetuk opsi tersebut maka kontak dapat menghubungi iPhone Anda lagi.

Perlu diketahui, pemblokiran ini hanya menyebabkan Anda tidak bisa dihubungi oleh kontak tersebut. Sedangkan Anda masih bisa menghubunginya, meski nomornya telah diblokir.

Baca juga: 10 Cara Pakai iPhone untuk Pemula dari Pembelian hingga Pengaturannya

Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1. Beda versi sistem operasi yang dipakai, mungkin bakal beda pula letak opsi dan tahapannya.

Demikian cara memblokir nomor telepon di iPhone secara mudah tanpa aplikasi tambahan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com