Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2022, 22:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas cabang olahraga (cabor) e-sports nomor Free Fire, menyumbang perolehan dua medali untuk Indonesia. Dua tim Free Fire Indonesia yang berlaga di babak final, berhasil menyabet medali emas dan perak.

Dalam partai final hari kedua yang berlangsung pada Minggu (15/5/2022) pukul 16.30 WIB, kedua tim Indonesia menyajikan penampilan yang apik. Pertandingan ini disiarkan langsung di kanal YouTube Free Fire Indonesia.

Kedua tim tersebut adalah tim Indonesia 1 (Garuda) dan tim Indonesia 2 (Rajawali). Masing-masing beranggotakan lima orang yang disaring dari sejumlah tim profesional.

Tim Garuda beranggotakan Ibnu Nasir Ramdani, Nur Ivaldi Fajar, Richard William Manurung, Shahin Taskhir, dan Victor Innosensius.

Baca juga: Free Fire Advanced Server Kembali Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Sementara tim Rajawali diisi oleh Agus Suparman, Muhammad Fikri Alief Pratama, Rafli Aidil Fitrah, Raihan Maghfur, dan Rhama Satria.

Pada ronde pertama, Indonesia mendominasi permainan. Pada saat-saat terakhir, tim Garuda dan tim Rajawali bahkan harus bertarung satu sama lain untuk memperebutkan posisi pertama.

Pada ronde pertama ini tim Garuda meraih "Booyah" dan mendapat total poin 19. Sementara tim Rajawali, meski meraih posisi kedua, total poin pada ronde pertama ini lebih banyak dari tim Garuda yakni 26 poin.

Perolehan poin ini dihitung tidak hanya berdasarkan peringkat saat pertandingan berakhir. Angka saat membunuh lawan juga dihitung menjadi "kill point" dan diakumulasi dengan poin yang diperoleh berdasarkan peringkat.

Pada pertandingan kedua, tim Garuda meraih peringkat tiga sementara tim Rajawali mendapat peringkat lima.

Kemudian pada ronde ketiga, tim Garuda meraih peringkat dua dan tim Rajawali mendapat peringkat ketiga.

Pada ronde keempat, tim Garuda meraih peringkat tujuh sementara tim Rajawali mendapat posisi lima.

Baca juga: Bukan Game MOBA atau FPS, Ini Game Pertama yang Dipertandingkan di Turnamen E-sports

Ronde kelima, permainan kembali berubah. Tim Garuda kembali meningkatkan permainan dan meraih posisi empat. Sementara tim Rajawali mendapat posisi enam.

Pertandingan keenam, performa kedua tim asal Indonesia kembali membaik. Keduanya berhasil mendapat posisi tiga besar, tim Garuda di posisi kedua dan tim Rajawali di posisi ketiga.

Pada ronde terakhir, tim Garuda konsisten di tiga besar dengan menyabet posisi ketiga. Sedangkan tim Rajawali tercecer di peringkat sembilan.

Meski demikian, jumlah poin keseluruhan kedua tim Indonesia tidak dapat dikejar oleh tim dari negara lain. Dalam babak final ini ada 10 tim yang bertanding.

Total skor yang diraih perwakilan 10 tim peserta di SEA Games 2021 untuk nomor Free Fire.YouTube/FF Esports ID Total skor yang diraih perwakilan 10 tim peserta di SEA Games 2021 untuk nomor Free Fire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com