Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Zoom Challenge Versi Tarian Tradisional yang Viral di TikTok

Kompas.com - 24/05/2022, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Trend di TikTok tak pernah ada habisnya. Selalu ada kreasi dan inovasi baru dari berbagai TikTokers (sebutan konten kreator untuk TikTok). Salah satunya Zoom Challenge versi tarian tradisional yang kini jadi trending di TikTok.

Zoom Challenge versi tarian tradisional ini merupakan tren menari dengan mengambil sebagian gerakan dari tarian tradisional Indonesia. Challenge ini diiringi latar belakang lagu berjudul Zoom yang dinyanyikan oleh rapper Korea Jessi.

@edoprimariyanda27 Belum ada yang bikin kan yah? #fyp ? original sound - Edo Prima Riyanda

Challenge ini dipelopori oleh salah satu pengguna dengan handle @edoprimariyanda27. Video unggahannya melakukan Zoom Challenge dengan versi tarian tradisional Indonesia ini telah ditonton hingga 6,8 juta kali oleh pengguna TikTok dan dibanjiri 943 ribu likes dan 26 ribu komentar.

Berbagai komentar positif membanjiri kolom komentar di akunnya. Zoom Challenge versi tarian tradisional dirasa sangat keren dan mengagumkan serta dirasa menjadi media informatif pengenalan tarian-tarian tradisonal di Indonesia.

Zoom Challenge versi tarian tradisional Indonesia patut dikampanyekan serta diviralkan agar sekaligus mengenalkan berbagai tarian-tarian tradisional Indonesia yang harus dilestarikan.

Baca juga: TikTok Siapkan Fitur Branded Mission, Bikin Video Iklan Bisa Dapat Uang

Awal mula munculnya Zoom Challenge

Adapun tren zoom challenge sendiri merupakan tren menari dengan latar belakang lagu berjudul “Zoom” yang dipopulerkan oleh Jessi seorang rapper asal Korea. Zoom Challenge yang populer tersebut merupakan gerakan dance yang diciptakan oleh Jessi.

Karena dirasa ritme lagu dan gerakan menari sangat pas dan keren, tren ini kemudian mulai dilakukan banyak orang menari dengan gerakan yang sama persis dengan gerakan Jessi. Zoom Challenge pun kemudian terus dilakukan banyak pengguna TikTok dan menjadi trending. 

Hingga kemudian muncul salah satu pengguna yang mempelopori gerakan Zoom Challenge yang menggunakan versi tarian tari tradisional yang menarik perhatian tersendiri.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi TikTok Error

Akun dengan handle @edoprimariyanda27 tersebut menampilkan cuplikasi gerakan tarian tradisional di berbagai daerah dan kemudian mendapatkan banyak respon positif. Beberapa gerakan tarian tersebut berasal dari Aceh, Melayu, Kalimantan, Bali, Betawi, Minang, Jawa, Papua, Sunda, dan Batak.

Hingga saat ini meskipun Zoom Challenge versi aslinya sudah dilakukan banyak pengguna, Namun berdasarkan penelusuran KompasTekno masih belum banyak pengguna yang melakukan Zoom Challenge versi tarian adat Indonesia ini.  Maka dari itu, hal ini menjadi salah satu inovasi dan terobosan baru yang keren.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com