Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kebiasaan Pengguna yang Bikin HP Cepat Rusak dan Perlu Dihindari

Kompas.com - 25/05/2022, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - HP (handphone) kini tampaknya telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari aktivitas pengguna. Dari pagi hari hingga malam menjelang, HP seakan tak pernah lepas dari genggaman pengguna.

Keterikatan tersebut tidak bisa lepas dari kecanggihan HP yang mampu menopang kegiatan pengguna. Kegiatan dalam urusan sosial, bisnis, hiburan, dan sebagainya, saat ini bisa dikerjakan cukup lewat layar HP.

Baca juga: Kenapa Ponsel Lawas Perlu Di-reset? Begini Alasannya

HP dengan kecanggihan hardware dan software yang digunakan dapat menyederhanakan berbagai aktivitas yang terkesan rumit sebelumnya. Sala satu contohnya seperti mengambil foto atau video, pengguna cukup membuka aplikasi kamera yang tersedia di HP.

Di tengah kemudahan yang ditawarkan HP, tak jarang pula pengguna lupa untuk merawatnya. Tanpa disadari kadang pengguna melakukan beberapa aktivitas yang justru bisa merusak HP dengan cepat.

Saat HP rusak, aktivitas pengguna mungkin bakal cukup terganggu. Lantas, bagaimana sebaiknya menggunakan HP dengan tepat dan benar?

Sebelum itu, perlu dipahami dulu aktivitas apa saja yang membuat HP rusak. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan tujuh penyebab HP cepat rusak, sebagaimana dilansir Gadgets Now.

Penyebab HP cepat rusak

1. Menggunakan charger yang tidak sesuai

Hampir setiap HP memiliki desain baterai dan sistem pengisian daya yang berbeda-beda. Bila pengguna tidak memakai perangkat pengisi daya atau charger yang sesuai maka kemampuan baterai HP bisa cepat rusak.

Dengan demikian, cara merawat HP yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan charger orisinal atau setidaknya charger yang memiliki output tegangan sesuai kemampuan baterai.

2. Mengunduh aplikasi sembarangan

Penyebab HP cepat rusak yang berikutnya adalah mengunduh aplikasi secara sembarangan, bukan dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store.

Aplikasi yang bukan dari toko tersebut tidak disarankan untuk diunduh karena dapat membuat HP terserang malware, yang mungkin bisa mengganggu kinerja HP atau bisa mencuri data pribadi pengguna. Oleh sebab itu, pastikan selalu mengunduh aplikasi resmi.

3. Tidak memperbarui sistem keamanan

Kemudian, penyebab HP cepat rusak datang dari kebiasaan tidak memperbarui sistem keamanannya. Pabrikan HP biasanya rutin untuk memberikan pembaruan sistem keamanan.

Pembaruan tersebut ditujukan untuk melindungi pengguna dari aplikasi-aplikasi yang berisi malware dan dapat mengganggu kinerja HP. Jadi, pengguna perlu senantiasa memperbarui sistem keamanan pada HP miliknya.

Baca juga: Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

4. Tidak memperbarui versi sistem operasi dan aplikasi

Kebiasaan untuk tidak memperbarui versi sistem operasi dan aplikasi bisa juga jadi penyebab HP cepat rusak. Sama seperti sistem keamanan, pembaruan versi sistem operasi dan aplikasi ditujukan untuk meningkatkan kinerja HP.

Pembaruan versi sistem operasi dan aplikasi biasanya membawa sejumlah peningkatan, seperti perbaikan pada sejumlah bug yang mungkin telah mengganggu kinerja HP. Dengan demikian, pengguna perlu rutin untuk memperbarui versi sistem operasi dan aplikasi.

5. Melakukan rooting

Melakukan rooting atau membobol sistem operasi guna mendapat akses HP secara penuh juga perlu dihindari. Rooting sendiri biasanya dipakai untuk mengganti sistem operasi bawaan HP dengan sistem operasi modifikasi buatan pengembang pihak ketiga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com