Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Gaji Karyawan Netflix, TikTok, Twitch, dan Spotify?

Kompas.com - 02/06/2022, 08:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi konon menawarkan gaji yang menarik bagi karyawan, baik pemula maupun karyawan berpengalaman.

Padahal jika ditilik dari layanannya, semisal Spotify, hanya memungut sejumlah biaya langganan yang terbilang murah.

Apalagi perusahaan seperti TikTok yang menjadi platform media sosial yang tersedia secara gratis. Lantas berapa gaji karyawan TikTok, Netflix dan perusahaanteknologi lainnya?

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) mengungkapkan berapa jumlah gaji yang dibayarkan perusahaan untuk karyawan asing yang bekerja menggunakan visa kerja di AS.

Data yang diungkap termasuk gaji sejak 1 Oktober 2020 hingga 31 Desember 2021, di perusahaan seperti Netflix, Hulu, Snap, TikTok, Twitch dan Amazon.

Baca juga: Berapa Gaji Pekerja IT di Indonesia?

Data yang dipaparkan hanya mencakup gaji pokok, tanpa menyertakan tunjangan lainnya seperti saham atau bonus. Berikut rinciannya.

Netflix

Netflix menawarkan gaji pokok mulai dari 40,45 dollar AS (Rp 590.000) per jam hingga 800.000 dollar AS (Rp 11,6 miliar) per tahun untuk posisi tertentu di AS.

Gaji ini ditujukan untuk posisi terkait konten, keuangan, legal, marketing dan lainnya. Beberapa di antaranya bahkan disebut memiliki gaji pokok enam digit dollar AS.

Tahun lalu, Netflix memiliki tambahan karyawan hingga 1.900 orang. Jadi total karyawan Netflix di seluruh dunia hingga akhir tahun 2021 yaitu 11.300 karyawan.

Perusahaan kabarnya berencana ekspansi ke dunia iklan, sehingga memungkinkan terciptanya lapangan kerja baru.

Baca juga: Kreator YouTube Shorts dari Indonesia Bisa Dapat Gaji hingga Rp 140 Juta Per Bulan

TikTok

Menurut dokumen yang diungkap Departemen Tenaga Kerja AS, TikTok dan perusahaan induknya, Bytedance, menawarkan gaji pokok mulai dari 30 dollar AS (Rp 436.000) per jam hingga 400.000 dollar AS (Rp 5,8 miliar) per tahun untuk posisi tertentu.

Gaji tersebut ditujukan untuk karyawan yang berbasis di kantor di Mountain View, California.

Baca juga: Cara Mengetahui Pengguna yang Intip Profil TikTok Kita

Adapun posisi yang menerima besaran gaji tersebut yaitu termasuk divisi produk, pengembangan produk dan marketing.

Sejak penggunanya yang meningkat pesat pada tahun 2021, TikTok menambah karyawan. Pada Maret lalu, perusahaan bahkan membuka sekitar 1.600 lowongan kerja di AS.

Spotify

Spotify menawarkan gaji pokok mulai dari 75.440 dollar AS (Rp 1 miliar) hingga 293.356 dollar AS (Rp 4,3 miliar) per tahun di AS. Sebagian besar jumlah gaji dengan kisaran tersebut ditujukan untuk karyawan yang berbasis di New York dan Boston.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com