Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis MacBook Pro Baru dengan Chip M2

Kompas.com - 07/06/2022, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain merilis Selain MacBook Air 2022, Apple juga meluncurkan laptop baru dari lini seri MacBook Pro, dalam konferensi pengembang tahunan perusahaan (Worldwide Developers Conference/WWDC) 2022.

MacBook Pro baru ini juga menjadi yang pertama menggunakan chipset M2, suksesor dari M1 buatan Apple Silicon. Ini menjadi perangkat suksesor MacBook Pro 13 inci yang sebelumnya menggunakan chip Apple M1.

Chip M2 sendiri diklaim menawarkan kecepatan 40 persen lebih cepat dibanding M1. Secara teknis, chip ini dibangun dengan arsitektur 5 nm gen 2 dan memiliki CPU 8 core serta GPU dengan core yang lebih banyak dibanding M1, yaitu hingga 10 core.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, Lock Screen Bisa Dimodifikasi dan Nggak Gitu-gitu Aja

Chip Apple M2 dapat dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 24 GB dan penyimpanan SSD hingga 2 TB. Apple juga mengeklaim chip M2 dilengkapi dengan mesin pengolah media dan ProRes baru untuk menunjang tugas berat seperti editing video.

"M2 juga hadir untuk perangkat Mac lainnya, yaitu Mac Pro 13 inci. Dengan M2, Anda akan mendapatkan performa yang lebih baik dari perangkat dengan desain yang sama," kata SVP Hardware Engineering Apple, John Ternus, dikutip KompasTekno dari Youtube Apple, Selasa (7/6/2022).

Spesifikasi MacBook Pro M2Apple Spesifikasi MacBook Pro M2

Berkat chip tersebut, laptop ini menawarkan daya tahan hingga 20 jam. Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan melalui port Thunderbolt. Namun laptop ini tidak didukung charger MagSafe sebagaimana MacBook Air 2022.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air dengan Chip M2, Ini Harganya

Beralih ke desainnya, MacBook Pro M2 memiliki layar 13 inci dengan panel layar Retina. Perangkat ini dibalut dengan desain yang sama seperti MacBook Pro 13 inci 2020, yaitu tanpa poni layar.

Laptop ini juga dilengkapi sistem pendingin aktif guna membantu menjaga suhu perangkat tetap stabil ketika menjalankan tugas berat seperti editing video. Dengan begitu, performa perangkat juga dapat dijaga agar tetap stabil.

Fitur lainnya yang turut melengkapi MacBook Pro 13 inci 2022 ini yaitu dukungan WiFi 6, kecerahan layar hingga 500 nits, serta magic keyboard dan touch bar.

Harga MacBook Pro M2 13 inci

MacBook Pro M2 berjalan dengan sistem operasi macOS Monterey. Adapun harganya dibanderol 1.299 dollar AS atau setara Rp 18,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com