Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Postingan Instagram Kini Bisa Di-pin, Foto dan Video Favorit Bisa Ditaruh Paling Atas

Kompas.com - 08/06/2022, 10:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan fitur bernama "pin". Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk menyemematkan (pin) atau menaruh postingan atau unggahan favoritnya di bagian paling atas profil pengguna.

Postingan yang bisa di-pin berupa video dan foto Feed atau Reels. Jika dilihat, fungsinya mirip dengan fitur pin di Twitter yang bisa menaruh sebuah twit di bagian atas profil pengguna, serta TikTok yang juga bisa menaruh video favorit di profil pengguna.

Menurut Head of Instagram, Adam Mosseri, fitur ini dihadirkan untuk memberikan kebebasan bagi para pengguna mengelola akun Instagram mereka.

"Profil Anda adalah ruang pribadi Anda sendiri, dan kami bertujuan ingin menawarkan keleluasaan yang lebih untuk menata ruang tersebut," ujar Mosseri dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter pribadinya dengan handle @mosseri.

Baca juga: Instagram Reels Diperpanjang Jadi 90 Detik, Indonesia Sudah Kebagian

 

Cara menyematkan atau pin suatu postingan Instagram ke bagian paling atas profil pengguna.Kompas.com/Bill Clinten Cara menyematkan atau pin suatu postingan Instagram ke bagian paling atas profil pengguna.
Untuk memindahkan sebuah unggahan Instagram ke bagian paling atas profil, pengguna cukup pergi ke unggahan yang ingin mereka pin.

Lalu, klik ikon "tiga titik" yang terletak di pojok kanan postingan Instagram dan pilih menu "Pin to your profile".

Setelah itu, postingan tersebut akan dipindahkan ke bagian paling atas profil Instagram dan ditandai dengan ikon "jarum pin" berwarna putih, seperti pada gambar "pohon" paling kanan di ilustrasi atas.

Perlu dicatat, pengguna hanya bisa menyematkan maksimal tiga postingan di bagian atas profil Instagram mereka.

Jika lebih dari tiga dan pengguna ingin menyematkan postingan keempat, maka Instagram secara otomatis bakal menghapus atau mengembalikan postingan yang di-pin pertama kali atau yang terlama ke tempat semula.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Amber Alert untuk Bantu Cari Anak Hilang

Untuk ketersediaan, Mosseri mengeklaim bahwa fitur Pin ini sudah meluncur secara global.

Pantauan KompasTekno, Rabu (8/6/2022), fitur ini juga sudah bisa dijajal oleh pengguna Indonesia.

Apabila belum ada, maka pengguna bisa memperbarui aplikasi Instagram melalui tautan berikut ini untuk ponsel Android atau di tautan berikut ini untuk ponsel iOS alias iPhone.

Jika fitur pin belum bisa diakses juga setelah diperbarui, maka mereka agaknya harus bersabar sedikit. Sebab, beragam fitur baru biasanya digelontorkan secara bertahap kepada para pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com