Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Rilis Fitur Baru agar Pengguna Tidak Lupa Waktu

Kompas.com - 10/06/2022, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna TikTok seringkali lupa waktu saat scrolling di dalam aplikasi. Konten-konten TikTok yang beragam membuat pengguna betah berlama-lama membuka media sosial tersebut.

Nah, agar pengguna tidak lupa waktu, TikTok menggulirkan fitur baru. Fitur ini berfungsi sebagai screentime control yang akan menjadi pengingat saat pengguna membuka TikTok melebih batas waktu yang ditentukan.

Fitur ini nantinya akan menampilkan pesan pop up yang mengingatkan pengguna untuk istirahat dan mengambil waktu jeda.

Baca juga: TikTok Luncurkan Fitur Avatar yang Bisa Bersuara

Khusus untuk penguna TikTok kalangan remaja, TikTok menerapkan pengingat dalam periode tertentu. Disebut "Schedule Breaks", opsi ini akan meminta pengguna memasang pengingat istirahat setiap 10, 20 atau 30 menit, guna meminimalisasi kecanduan aplikasi.

"Kami juga akan memperkenalkan kesejahteraan digital mingguan untuk komunitas kami yang lebih muda. Ketika seseorang berusia antara 13 - 17 tahun menggunakan aplikasi kami lebih dari 100 menit dalam sehari, kami akan mengingatkan mereka tentang alat yang membatasi waktu penggunaan (screen time), saat mereka membuka aplikasi lagi," tulis TikTok di halaman resminya, Jumat (10/6/2022).

Screen time control aplikasi TikTokTikTok Screen time control aplikasi TikTok

Pengguna juga dapat memasang pengingat secara manual melalui opsi waktu yang disesuaikan, atau bahkan tidak memasang pengingat sama sekali.

Tampilan fitur pengingat waktu TikTok

Selain pesan pop up, pengguna juga bisa melihat berapa lama ia menghabiskan waktu di aplikasi.

Adapun menu fitur pengingat ini akan menampilkan berapa lama pengguna menghabiskan waktu dalam aplikasi TikTok dan berapa kali mereka membuka aplikasi setiap harinya. Tampilannya seperti grafik yang dirinci setiap hari dalam rentang seminggu.

TikTok juga menawarkan opsi notifikasi mingguan untuk mengingatkan pengguna agar rutin mengecek informasi screen time. Jadi, pengguna bisa melakukan evaluasi ketika waktu yang dihabiskan di TikTok terbilang lama.

Screen time control aplikasi TikTokTikTok Screen time control aplikasi TikTok

Baca juga: Berapa Gaji Karyawan Netflix, TikTok, Twitch, dan Spotify?

Selain menghadirkan fitur pengingat, TikTok juga merilis panduan kesejahteraan digital (digital well-being) guna menginformasikan potensi bahaya penggunaan aplikasi yang berlebihan. Panduan ini diunggah di Pusat Keamanan pada situs resmi perusahaan.

Serangkaian fitur ini dirilis TikTok untuk membantu mendukung kesejahteraan digital pengguna. Perusahaan menyebut fitur-fitur itu akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur ini sekaligus melengkapi fitur TikTok sebelumnya yaitu Screen Time Management yang dirilis pada tahun 2020. Fitur tersebut membantu pengguna menetapkan batasan berapa lama dirinya dapat menghabiskan waktu di TikTok setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com