Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli iPhone SE 3 di Indonesia

Kompas.com - 10/06/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iPhone SE 3 (generasi ketiga) atau iPhone SE 2022 bakal tersedia dan bisa dibeli di Indonesia mulai 17 Juni mendatang. Nantinya, iPhone versi murah ini dijual dengan beragam harga, bergantung dari varian kapasitas memori internal yang dipilih.

Pengguna bisa mendapatkan iPhone SE 2022 dengan harga mulai Rp 8 jutaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar harga iPhone SE 2022 di Indonesia, sebagaimana dihimpun dari laman distributor Apple iBox dan Digimap, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max Terbaru Juni 2022

Harga iPhone SE 2022 di Indonesia

  • iPhone SE 3 64 GB: Rp 7.999.000
  • iPhone SE 3 128 GB: Rp 9.499.000
  • iPhone SE 3 256 GB : Rp 10.000.000

Kemudian, iPhone SE 3 bakal tersedia dalam tiga varian warna, yakni Midnight, Starlight, dan (Product) RED. Untuk pembeliannya, pengguna nanti bisa mengunjungi langsung toko fisik iBox atau Digimap. Atau, secara online lewat marketplace dari iBox dan Digimap.

Dengan harga yang tertera di atas, pengguna nantinya sudah bisa merasakan pengalaman kinerja chipset terbaru Apple A15 Bionic di iPhone SE 2022, yang sejatinya juga dipakai pada iPhone 13 series.

Perlu diketahui, seri iPhone SE dari sejak awal kehadirannya sengaja didesain Apple buat jadi iPhone yang memiliki performa tangguh, tapi harganya terjangkau. Untuk menghasilkan performa itu, seri iPhone SE biasa dibekali dengan chipset terbaru.

Dengan demikian, tak heran bila iPhone SE 3 dibekali dengan chipset terbaru, tapi dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang iPhone 13 series. Dengan harga yang lebih murah, iPhone SE 3 mengalami beberapa penyesuaian spesifikasi dan fitur.

Dari beberapa penyesuaian, salah satu yang paling kentara adalah di bagian layar. iPhone SE 2022 masih menggunakan layar mini berbentang 4,7 inci, mirip seperti pendahulunya iPhone SE 2020 dan iPhone 8.

Tak hanya mini, tapi layar tersebut juga masih terdapat bezel di bagian atas dan bawah, bukan full touchscreen layaknya jajaran iPhone terbaru saat ini. Mungkin bagi beberapa orang, desain layar seperti itu bisa jadi kurang terasa lega.

Melihat penyesuaian tersebut, penting kiranya untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli iPhone SE 3. Oleh karena itu, berikut KompasTekno rangkumkan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli iPhone SE 3.

Baca juga: 7 Fitur Baru di MacOS Ventura, Bisa Bikin iPhone Jadi Webcam hingga Salin Teks pada Video

3 hal yang perlu dipertimbagkan sebelum membeli iPhone SE 2022

1. Layar yang lebih mini ketimbang seri iPhone Mini

Phone SE 2022 mengusung layar Retina IPS LCD dengan ukuran 4,7 inci dan resolusi HD. Layar tersebut sejatinya tidak lebih tangguh dan tentunya lebih kecil dibanding iPhone 13 model terkecil, yaitu iPhone 13 Mini dengan layar OLED 5,4 inci beresolusi Full HD.

Di samping layar yang kecil, layar iPhone SE 2022 juga masih mengadopsi desain layar yang diapit oleh bezel (bingkai) yang cukup tebal, terutama di bagian atas dan bagian bawah yang berguna untuk menghadirkan fitur Touch ID.

Hal ini berbeda dengan beragam smartphone keluaran 2022 pada umumnya, di mana kebanyakan dari ponsel tersebut mengusung layar dengan bezel yang cukup tipis untuk memberikan pengalaman visual mumpuni.

Desain layar dengan bezel tebal mungkin bakal bisa jadi "gangguan" tersendiri bagi sejumlah pengguna, misal saat ingin bermain game, menonton video, atau membaca teks yang kecil.

2. Baterai dinilai boros

iPhone SE 3 diklaim memiliki baterai yang lebih tahan dua jam lebih lama ketimbang iPhone SE 2020. Namun, terdapat pandangan lain yang mengatakan apabila baterai tersebut bisa jadi lebih boros lantaran penggunaan chipset A15 Bionic pada iPhone SE 3.

Dalam video yang mengulas iPhone SE 3 dari kanal YouTube bernama JSL Review, mereka menilai bahwa faktor ketahanan baterai iPhone SE 3 juga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com