Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul di SMS? Ini 5 Penyebabnya

Kompas.com - Diperbarui 28/01/2023, 13:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Saat selesai memasang aplikasi WhatsApp di ponsel, setiap pengguna bakal diminta untuk menyelesaikan proses verifikasi akun. WhatsApp bakal mengirim kode verifikasi ke nomor telepon yang didaftarkan pengguna via SMS.

Kode verifikasi WhatsApp sendiri terdiri dari enam digit kombinasi angka dan huruf. Bila gagal atau salah memasukkan enam digit kode verifikasi itu, bisa dipastikan pengguna bakal
tidak bisa mengakses akun WhatsApp miliknya.

Baca juga: Cara Gabung Dua Emoji Jadi Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Memasukkan kode verifikasi itu dilakukan untuk memastikan bahwa nomor telepon yang didaftarkan merupakan pemilik sah akun WhatsApp.

Sebelum mendapatkan kode verifikasi, pengguna perlu memasukkan nomor telepon dulu di WhatsApp.

Selanjutnya, kode verifikasi WhatsApp bakal dikirim ke nomor tersebut via SMS. Namun, kadang proses untuk verifikasi akun WhatsApp tidak semudah yang dibayangkan. Dalam kasus tertentu, kode verifikasi WhatsApp bisa saja tidak muncul di SMS.

Sebagian dari Anda mungkin pernah atau tengah menjumpai persoalan itu. Lantas, kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penyebab Penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk ke SMS.

Penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk ke SMS

1. Nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif

Pertama, penyebab kode verifikasi WhatsApp tidak masuk ke SMS adalah nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif. Saat masa aktif telah habis atau hangus, biasanya nomor telepon tidak bakal bisa dipakai buat menerima SMS dan panggilan telepon.

Oleh karena itu, cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS bisa dilakukan dengan memastikan nomor telepon masih memiliki masa aktif.

Untuk memastikannya, silakan akses menu dial di ponsel dan hubungi layanan operator seluler dari nomor telepon tersebut lewat kode UMB. Tiap operator punya kode UMB yang berbeda, misalnya *123# untuk nomor telepon XL Axiata.

2. Tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab persoalan ini bisa juga timbul karena ponsel pengguna tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai. Sebagaimana umum diketahui, semua layanan WhatsApp beroperasi menggunakan koneksi internet.

Bila ponsel terhubung dengan koneksi internet yang buruk maka bakal bisa menimbulkan gangguan dalam mengakses layanan WhatsApp, termasuk dalam menerima kode verifikasi.

Dalam kasus ini, cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS adalah memastikan ponsel telah terhubung dengan koneksi internet yang memadai. Caranya, silakan kunjungi platform buat cek kualitas koneksi internet, seperti Speedtest by Ookla.

Baca juga: 8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

3. Sinyal jaringan seluler yang lemah

Supaya bisa menerima kode verifikasi WhatsApp, sinyal jaringan seluler di ponsel juga harus bagus. Sinyal jaringan seluler yang lemah bisa jadi penyebab kenapa lama mendapatkan kode verifikasi WhatsApp.

Kualitas sinyal jaringan seluler ini bisa dicek langsung di ponsel. Caranya, lihat bar atau batang sinyal yang biasa tertera di bagian atas layar ponsel. Bila terdapat banyak bar yang kosong, artinya sinyal jaringan seluler di ponsel lemah.

4. Mode pesawat aktif

Untuk menerima SMS berisi kode verifikasi WhatsApp, jaringan seluler di ponsel harus aktif. Artinya, Anda tidak bakal bisa menerima kode tersebut bila mode pesawat ponsel diaktifkan. Saat diaktifkan, ponsel bakal otomatis mematikan sambungan jaringan seluler.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com