Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Today Ditutup di Indonesia, Bagaimana Nasib Line Messenger?

Kompas.com - 14/06/2022, 15:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Line Indonesia mengonfirmasi layanan kurasi berita Line Today ditutup per 6 Juli 2022. Lantas, dengan penutupan Line Today, bagaimana nasib layanan Line lain di Indonesia, termasuk Line Messenger?

Country Manager Line Indonesia, Fanny Verona mengatakan bahwa penutupan Line Today dipastikan tidak serta merta berdampak pada layanan Line lainnya, seperti Line Messenger, Line Bank, Line Webtoon, Line Game dan lainnya.

Layanan-layanan tersebut di atas akan tetap beroperasi sebagaimana biasanya.

"Beberapa layanan, termasuk aplikasi standalone kami akan tetap beroperasi sama seperti sebelumnya," kata Fanny kepada KompasTekno, Selasa (14/6/2022).

Hal ini termasuk layanan Stickers, Line Bank, Line Webtoon, Line Game, Bisnis Fintech seperti Line Split Bill, Timeline (atau Line Voom).

Baca juga: Line Today Dipastikan Tutup per 6 Juli 2022 di Indonesia

"Kami pun akan tetap menyediakan layanan yang esensial bagi pengguna setia kami serta akan tetap melakukan aktivitas seperti merger, akuisisi, dan investasi," imbuhnya.

Selain itu, Fanny juga berkata penutupan Line Today tidak akan memengaruhi akun pengguna. Dengan demikian, pengguna eksisting dapat menggunakan akun miliknya untuk berkomunikasi menggunakan aplikasi Line.

"Para pengguna Line di Indonesia juga masih dapat menggunakan akun Line mereka untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga ataupun kerabat lainnya," ujar Fanny.

Alasan Line Today ditutup

Layanan Line Today mulanya tersedia dalam aplikasi utama Line Messenger. Sejak Juni 2018, perusahaan meluncurkan aplikasi mandiri Line Today yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store.

Sayangnya, aplikasi Line Today hanya bertahan kurang lebih dua tahun dan ditutup pada 30 Agustus 2021. Meski demikian, layanannya masih dapat diakses melalui aplikasi utama Line seperti semula.

Baca juga: Perubahan di Line Today Setelah Kabar Akan Disetop di Indonesia

Terkait penutupan Line Today kali ini, dijelaskan Fanny merupakan bentuk strategi perusahaan untuk fokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia.

Setelah dihapus, perusahaan menyebut konten di Line Today selanjutnya akan dialihkan ke halaman pemberitahuan.

Isu penutupan Line Today sendiri mulanya ramai di media sosial karena akun Instagram dengan handle @ecommurz mengunggah pengumuman terkait penutupan layanan tersebut.

Menyusul isu tersebut, Line Indonesia juga dikatakan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 80 karyawannya di Tanah Air.

Menanggapi rumor itu, Fanny membantah jumlah karyawan yang bakal di PHK dari perusahaannya. Meski demikian, ia tidak menyanggah maupun mengonfirmasi rumor itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com