Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi E-mail Mozilla Thunderbird Kini Punya Versi Mobile

Kompas.com - 15/06/2022, 07:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, program e-mail client Mozilla Thunderbird belum memiliki versi mobile-nya. Thunderbird sejauh ini hanya tersedia untuk komputer desktop berbasis Windows, Mac OS, dan Linux.

Namun sekarang, Thunderbird bersiap masuk ke platform Android melalui aplikasi K-9 Mail. K-9 Mail sendiri merupakan aplikasi e-mail yang bersifat open-source yang sudah tersedia di Google Play Store.

Pihak Thunderbird mengumumkan bahwa K-9 Mail kini masuk dalam ekosistem mereka.

Artinya, K-9 Mail nantinya akan berubah nama menjadi "Thunderbird" di aplikasinya. Hal tersebut diungkapkan pihak Thunderbird melalui blog resminya.

"Selama bertahun-tahun, kami ingin memperluas Thunderbird di luar desktop dan ingin menghadirkan pengalaman Thunderbird di Android," tulis pihak Thunderbird.

Baca juga: Mozilla Perkenalkan Logo Baru Firefox

"Untuk itu, kami mengumumkan bahwa hari ini, K-9 Mail secara resmi bergabung dengan keluarga Thunderbird," lanjut pihak Thunderbird.

Saat ini pihak Thunderbird sendiri tengah terus mengembangkan sejumlah fitur baru untuk K-9 Mail agar bisa bersaing dengan aplikasi e-mail lainnya yang ada di toko aplikasi.

Project Maintainer K-9 Mail, Christian Ketterer, mengatakan bahwa bergabungnya K-9 Mail ke Thunderbird merupakan sebuah pencapaian.

Serupa dengan layanan e-mail pada umumnya, K-9 Mail memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses dan mengelola e-mail yang masuk pada smartphone Android.

Kendati demikian, Ketterer mengaku masih belum akan menghadirkan sejumlah fitur tambahan, seperti kalendar, task, feed, dll di Thunderbird Android ini.

"Tetapi saat ini (kami) masih memperdebatkan cara terbaik untuk mencapai itu," imbuh Ketterer.

Dari segi penampilan, K-9 Mail memiliki tampilan antarmuka yang mirip dengan aplikasi desktop Thunderbird saat ini.

Baca juga: Mozilla Siapkan Fenix, Browser Android Pengganti Firefox

Mozilla juga direncanakan bakal menghadirkan Firefox Sync agar pengguna bisa melakukan sinkronisasi akun dengan lebih aman antara Thunderbird desktop dengan K-9 Mail.

Fitur ini diharapkan akan dapat segera diimplementasikan pada layanan mulai musim panas 2023. Saat ini K-9 Mail dapat diunduh melalui tautan berikut ini. 

Thunderbird merupakan software klien e-mail yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation.

Mulanya, Thunderbird ditujukan sebagai e-mail client pendamping untuk browser Firefox.

Dihimpun KompasTekno dari Computer World, Rabu (15/6/2022), Thunderbird digunakan oleh setidaknya 20 juta pengguna aktif global di perangkat berbasis Windows, macOS, dan Linux.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com