Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Logo Jam yang Muncul di Foto Profil WhatsApp?

Kompas.com - 15/06/2022, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp tampil dengan antarmuka yang cukup sederhana. Ketika aplikasi dibuka, pengguna akan mendapati daftar percakapan dengan pengguna lainnya, beserta foto profil dan cuplikan percakapan terakhir.

Menariknya terkadang muncul ikon atau logo sebuah jam di salah satu profil pengguna. Ikon tersebut terlihat tepat di bawah foto profil dengan warna. Lantas apa arti ikon jam tersebut?

Logo itu ternyata merupakan tanda bahwa pengguna tersebut tengah menyalakan fitur Disappearing Messages.

Fitur tersebut dapat menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini disediakan WhatsApp sejak akhir tahun 2020. Jadi, pengguna personal maupun grup yang memasang fitur itu akan ditandai dengan ikon jam.

Artinya, jika kita mengirim pesan atau chat pada pengguna tersebut, percapakan yang kita lakukan akan dapat terhapus secara otomatis.

Baca juga: Update Fitur Pesan Sementara WhatsApp Disebar ke Seluruh Pengguna, Ada Dua Opsi Durasi Baru

Selain itu, pada tampilan percakapan juga akan terlihat keterangan bahwa "Pengguna mengaktifkan hapus pesan. Semua pesan dihapus setelah dikirim 24 jam".

Artinya, pengguna tersebut menentukan batas waktu 24 jam agar percakapan bisa terhapus secara otomatis.

Batas waktu 24 jam hingga 3 bulan

Fitur hapus pesan otomatis ini harus diatur manual oleh setiap pengguna atau di grup tertentu oleh admin.

Sejak akhir tahun 2021, pengguna bisa memasang fitur hapus pesan otomatis ini ke semua pengguna dalam daftar kontaknya. Durasi yang disediakan juga hanya 7 hari. Jadi, pesan sementara akan dihapus otomatis setelah tayang sepekan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Video WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri Ponsel

Kini, durasi tayang pesan dibuat WhatsApp semakin variatif, mulai dari 24 jam hingga 90 hari atau tiga bulan. Lebih dari waktu tersebut, pesan akan terhapus otomatis.

WhatsApp juga membagikan informasi update fitur pesan sementara lewat status WhatsApp hari ini, Selasa (14/6/2022).

Dengan adanya dua opsi baru ini, pengguna WhatsApp dapat mengatur seberapa lama pesan bertahan hingga akhirnya menghilang dengan sendirinya.

"Kami juga menambahkan dua durasi baru untuk menghilangkan pesan: 24 jam dan 90 hari, serta opsi 7 hari yang ada," tulis WhatsApp sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog WhatsApp, Rabu (15/6/2022).

Perlu diperhatikan bahwa fitur Disappering Messages dapat diaktifkan dan dimatikan sewaktu-waktu oleh pengguna. Ketika fitur itu aktif di seluruh percakapan, maka isi percakapan yang sebelumnya sudah ada tidak akan dihapus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com