Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Rilis Fitur Baru untuk Koreksi Video yang Salah Meski Sudah Tayang

Kompas.com - 16/06/2022, 11:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - YouTube merilis fitur baru bernama Corrections. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna "memperbaiki" atau mengoreksi kesalahan dalam video meski sudah terlanjur diunggah.

Fitur ini bukan berfungsi untuk mengubah atau mengedit video yang sudah tayang, melainkan hanya mengizinkan pengguna untuk menambahkan informasi atau catatan dalam potongan-potongan video yang dianggap pengguna salah atau butuh dikoreksi.

Hal ini tentunya akan berguna bagi para kreator konten yang baru mengetahui bahwa ada kesalahan di dalam videonya, namun, mereka tidak ingin mengunggah (upload) ulang video tersebut.

Seperti diketahui, mengunggah ulang sebuah video di YouTube akan turut menghilangkan seluruh statistik video tersebut, mulai dari views, likes, komentar penonton, pendapatan video, dan lain sebagainya.

Baca juga: YouTube Luncurkan Most Replayed, Permudah Tonton Bagian Video yang Sering Diulang

Nah, fitur Corrections ini sendiri nantinya bakal bisa ditambahkan pengguna atau kreator konten melalui menu Content di laman YouTube Studio.

Ilustrasi fitur Corrections yang bisa ditampilkan pengguna ketika menonton video YouTube.YouTube Ilustrasi fitur Corrections yang bisa ditampilkan pengguna ketika menonton video YouTube.
Di sana, pengguna bisa mengubah pengaturan "Description" dan menandai beberapa titik di dalam video yang dianggap keliru dan menambahkan catatan atau penjelasan apa yang salah dalam potongan video tersebut.

Ketika sudah ditambahkan, maka penonton bisa melihat catatan-catatan tersebut melalui tampilan Cards, alias kolom teks yang muncul di atas video yang sedang ditonton, yang dilabeli "View corrections", sebagaimana bisa dilihat pada gambar di atas. 

Setelah itu, penonton akan langsung mendapat tampilan dengan sejumlah koreksi atau catatan yang dibuat oleh pengunggah video secara berurutan, mulai dari detik atau menit dari total durasi video.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (16/6/2022), fitur Corrections saat ini tengah digelontorkan ke sejumlah pengguna dan kreator konten YouTube secara global.

Baca juga: 5 Tips Mudah Meningkatkan Subscriber Channel YouTube

Apabila Anda belum mendapatkan fitur ini, maka Anda tampaknya harus bersabar sedikit. Sebab, seperti biasanya, fitur-fitur baru di YouTube, boleh jadi termasuk Corrections, bakal disebar kepada pengguna dan kreator konten secara bertahap. 

Perlu dicatat, fitur Corrections ini tetap tidak bisa mengganti atau mengubah bagian-bagian yang salah yang ada di dalam video. Hal tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara mengedit konten yang salah dan mengunggah ulang video.

Namun, kehadiran fitur Corrections bisa mempermudah kreator konten untuk menginformasikan kesalahan atau kekeliruan dalam video, tanpa mereka harus repot-repot membuat komentar, menambah deskripsi video, menghapus video, atau mengunggah ulang video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com