Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Apple Gagal Rayu Pengguna Android Hijrah ke iPhone lewat iOS 16...

Kompas.com - 17/06/2022, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple meluncurkan pembaruan sistem operasi (OS) iOS 16 dalam konferensi pengembang tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang digelar 6 - 10 Juni lalu.

Sistem operasi teranyar itu dilengkapi dengan bermacam fitur menarik seperti modifikasi lock screen, kirim e-mail terjadwal hingga membatalkan atau mengedit pesan yang telah terkirim.

Meski diperkaya dengan fitur-fitur baru tersebut, inovasi Apple ini tampaknya belum berhasil membuat pengguna Android tergiur hijrah ke iOS.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, Lock Screen Bisa Dimodifikasi dan Nggak Gitu-gitu Aja

Indikasi ini terlihat dari sebuah jajak pendapat yang dilakukan situs Android Central kepada pembaca. Mereka bertanya, apakah iOS 16 akan membuat pembaca beralih ke iPhone.

Dari jejak pendapat tersebut, disimpulkan bahwa update iOS 16 belum meyakinkan mayoritas pengguna Android yang terlibat sebagai responden, untuk pindah ke iPhone

Dari total 13.893 suara yang terhimpun, hampir 63 persen di antaranya mengatakan mereka akan tetap memakai Android.

Sementara hampir 24 persen lainnya mengatakan, mereka ingin mengetahui hal-hal baru yang dibawa iOS 16. Adapun 13 persen lainnya dari total suara yang terkumpul, merupakan pengguna yang sudah memakai iPhone.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 16

Jajak pendapat iOS 16 ke pengguna AndroidAndroid Central Jajak pendapat iOS 16 ke pengguna Android

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian tabel hasil jajak pendapat tentang apakah pengguna Android terbujuk beralih ke iPhone lewat pembaruan iOS 16 atau tidak:

  • Tetap menggunakan Android: 62,98 persen (8.750 suara)
  • Penasaran dengan fitur di iOS 16: 23,77 persen (3.320 suara)
  • Sudah pakai iPhone: 13,25 persen (1.841 suara)

Berdasarkan jajak pendapat tersebut, fitur iOS 16 diasumsikan gagal meyakinkan pengguna Android untuk pindah ke iPhone.

Alih-alih mengapresiasi inovasi Apple, sebagian dari mereka yang terlibat dalam jajak pendapat itu justru meremehkan fitur baru iOS dan dinilai banyak menjiplak Android.

Baca juga: Lock Screen Baru di iOS 16 Dianggap Jiplak MIUI Xiaomi

Sebab, sejumlah fitur iOS 16 justru sudah tersedia di Android selama beberapa tahun. Misalnya fitur modifikasi lock screen iOS 16, diketahui sudah lama ada di ponsel Android, seperti Xiaomi.

Meski demikian, tidak semua fitur iOS 16 menjiplak Android. Ada pula fitur yang belum hadir di Android, misalnya patch atau penambal keamanan yang akan diinstal secara tomatis ke iPhone, alih-alih manual seperti Android.

Jadwal perilisan iOS 16

Untuk ketersediaan, iOS 16 versi beta saat ini sudah bisa dijajal oleh para pengembang (developer). Sementara itu iOS 16 versi beta bagi pengguna umum (public), rencananya bakal digulirkan pada Juli 2022 mendatang.

Untuk iOS 16 versi akhir (final) konon bakal bisa dijajal pengguna sekitar September 2022 mendatang.

Bagi pengguna yang tidak sabar menjajal iOS 16 versi developer, mereka bisa mendaftar layanan Apple Developer Program di tautan berikut ini.

Program ini berbayar dan pengguna harus merogoh kocek sekitar 100 dolar AS (sekitar Rp 1,4 juta) per tahun.

Baca juga: 5 iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 16

Pengguna iPhone juga bisa mendaftar dalam Beta Software Program Apple supaya bisa menjajal iOS 16 versi public beta yang meluncur pada Juli mendatang. Pendaftaran program ini sendiri gratis dan bisa dilakukan melalui tautan berikut ini.

Perlu dicatat, pembaruan iOS 16 hanya bisa dipasang di perangkat iPhone yang sudah terinstal iOS 15.

Lalu, model iPhone yang mendukung juga harus iPhone 8 atau model yang lebih baru seperti iPhone X hingga iPhone 13, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Jumat (17/6/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com