Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa MB yang Dihabiskan untuk Buka Instagram dan TikTok Selama Satu Jam?

Kompas.com - 17/06/2022, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WhistleOut

KOMPAS.com - Akses internet, baik menggunakan kuota data maupun WiFi, menjadi salah satu kebutuhan krusial saat ini. Sebab, internet menjadi pendukung penting bagi sebagian besar orang untuk menunjang aktivitasnya, dari bekerja hingga mencari hiburan lewat media sosial atau platform streaming.

Namun, pernahkah Anda penasaran, kira-kira berapa kuota data yang dihabiskan untuk mengakses masing-masing media sosial setiap harinya?

Masing-masing media sosial membutuhkan konsumsi data yang berbeda, tergantung output konten yang disuguhkan.

Media sosial berbasis video, misalnya, mengonsumsi lebih banyak data dibanding media sosial dengan basis konten audio atau teks.

Baca juga: Apa itu Kuota Lokal Telkomsel dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Namun, hal ini juga tergantung pada faktor lain, seperti resolusi video yang ditonton, semakin tinggi resolusinya, maka konsumsi data akan semakin banyak pula.

Lantas, berapakah kira-kira data yang dihabiskan untuk mengakses masing-masing platform dan media sosial, seperti TikTok, Facebook, Instagram, Netflix, dan aplikasi gaming?

Situs WhistleOut melakukan riset internal untuk mengetahui berapa banyak kuota data yang dihabiskan aplikasi ketika diakses selama satu jam.

Riset ini melibatkan sejumlah aplikasi populer, seperti Facebook, Youtube, Instagram, dan Netflix.

Perlu dicatat, hasil riset internal WhistleOut melibatkan operator seluler di Amerika Serikat. Angka yang dihasilkan merupakan angka rata-rata dan bisa saja berbeda di masing-masing pengguna. Berikut paparan hasil risetnya:

1. Web browsing

Menurut WhistleOut, rata-rata data yang dikonsumsi ketika pengguna berselancar di internet melalui browser yaitu sekitar 60 MB dalam satu jam. Situs web sendiri tersedia dalam bermacam tampilan.

Situs yang menampilkan banyak gambar akan menghabiskan lebih banyak data dibanding situs yang didominasi oleh teks. Namun rata-ratanya adalah 60 MB untuk satu jam browsing.

Baca juga: Aplikasi YouTube Hemat Kuota Disetop Agustus 2022

2. Facebook

Facebook tersedia dalam versi "reguler" dan Lite (versi lebih ringan). Adapun riset ini melibatkan aplikasi Facebook reguler. Aplikasi ini disebut mengonsumsi sekitar 80 MB dalam satu jam, sebab memuat beragam konten seperti foto.

Namun jika pengguna juga menonton video di Facebook, data yang terkuras juga lebih banyak lagi, sekitar 160 MB per jam.

3. Instagram

Instagram awalnya merupakan aplikasi berbagi foto. Namun kini aplikasi yang bernaung di bawah Meta itu juga diperkaya dengan fitur Reels, yang menghimpun berbagai video pendek maupun video berdurasi cukup panjang. Selain itu, fitur Stories juga semakin memperkaya konten video di Instagram.

Baca juga: Apa Itu Kuota Chelsea Tri dan Detail Paketnya

Riset WhistleOut menujukkan bahwa aplikasi Instagram mengonsumsi data sebesar 60 MB dalam 5 menit, atau sekitar 720 MB per jam. WhistleOut bahkan melakukan pengujian hingga lima kali dan mendapati hasil yang sama.

Halaman:
Sumber WhistleOut
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com