Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Q5x Meluncur dengan Dimensity 700 Baterai 5000 mAh

Kompas.com - 20/06/2022, 14:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme meluncurkan smartphone terbarunya, Realme Q5x di China. Ponsel ini merupakan model keempat dari keluarga Q-series yang dirilis Realme tahun 2022 ini, setelah ponsel Realme Q5i, Realme Q5, dan Realme Q5 Pro.

Untuk spesifikasinya, Realme Q5x mengusung layar IPS LCD berukuran 6,5 inci. Layar tersebut mendukung resolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel), rasio aspek 20:9, serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum 400 nits.

Layar dengan rasio bodi-ke-layar sebesar 88,7 persen itu dihiasi poni berbentuk tetesan air (waterdrop) yang menampug kamera selfie 5 MP.

Beralih ke bagian belakang, Realme Q5x memiliki dua cincin lensa kamera belakang yang cukup besar. Keduanya dibenamkan langsung di punggung ponsel, tanpa sebuah modul.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Realme GT Neo 3 di Indonesia

Adapun dua lensa kamera itu memuat kamera belakang 13 MP dan kamera depth sensor 0,3 MP.

Untuk sektor dapur pacu, Realme Q5x ditenagai chipset MediaTek Dimensity 700, yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB. Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan kartu eksternal microSD.

Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka RealmeUI 3.0. Realme Q5x ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 10 watt.

Fitur lain yang dibawa Realme Q5x meliputi pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power (side-mounted fingerprint scanner), dukungan 5G, Bluetooth 5.0, GPS, USB-C port, serta colokan audio jack 3.5mm.

Harga Realme Q5x

Ponsel Q-series terbaru dari Realme ini hadir dalam pilihan warna Cloud Black (hitam) dan Star Blue (biru), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Senin (20/6/2022).

Di China, Realme Q5x dijual dengan harga 999 yuan (sekitar Rp 2,2 juta) untuk varian memori 4/64 GB.

Baca juga: Realme Q3t Meluncur dengan Layar 144 Hz dan Baterai 5.000 mAh

Belum ada informasi resmi soal ketersediaan ponsel ini di luar wilayah pasar China.

Di Indonesia sendiri, Realme belum pernah memasarkan ponsel Q-series. Selama ini, vendor ponsel asal Negeri Tirai Bambu itu baru menjual ponsel dari keluarga GT-series, C-series, X-series.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan Realme Q5x akan dipasarkan di luar China, termasuk Indonesia, dengan nama model yang lain (re-branding).

Mengingat, ketika meluncurkan ponsel pertama dari seri-Q pada 2019 lalu, yaitu Realme Q, ponsel ini merupakah hasil rebrand dari ponsel Realme 5 Pro yang dirilis untuk pasar India.

Yang terbaru, Realme Q5 Pro di China dilaporkan akan dirilis di pasar India dengan nama Realme GT Neo 3T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com