Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Reactions" Whatsapp Bakal Diperbarui, Opsi Emoji Jadi Lebih Banyak

Kompas.com - 21/06/2022, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Fitur reactions di Whatsapp telah resmi dirilis pada Mei 2022 lalu. Informasi tersebut diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun Facebook-nya.

Selang sebulan, beredar bocoran pembaruan fitur reactions yang bakal menampilkan lebih banyak opsi emoji. Seperti diketahui, fitur reactions saat ini hanya menampilkan enam emoji.

Keenam emoji tersebut terdiri dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut hingga emoji kedua tangan simbol terimakasih.

Menurut WA Beta Info, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, uji coba reactions dengan lebih banyak emoji saat ini baru masuk tahap uji coba beta untuk perangkat iOS lewat TestFlight. TestFlight merupakan program beta WhatsApp yang dibuka untuk pengguna iOS.

Baca juga: Fitur WhatsApp Reactions Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Dirangkum dari 9to5Mac, uji coba yang sama konon sudah hadir di WhatsApp versi Android dan Desktop.

Bocoran update fitur WhatsApp reaction

WA Beta Info turut mengunggah tangkapan layar (screenshot) update fitur reaction di WhatsApp. Berdasarkan gambar itu, nantinya, akan ada tombol tambah (+) di sisi kanan deretan emoji yang sudah ada saat ini.

Untuk memunculkan deretan emoji itu, pengguna cukup menekan dan menahan (tap and hold) pesan yang ingin diberi reaksi. Setelah mengetuk ikon (+), akan muncul pilihan emoji yang bisa digunakan.

Tampilannya akan serupa ketika pengguna mengetuk ikon emoji dari menu textbox (kolom pesan). Tampak dari gambar di bawah ini, muncul emoji hati warna hijau, yang sebelumnya tidak ada di opsi emoji reaction.

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp Meluncur, Reactions Hingga Tampung 512 Anggota Grup

Whastapp mengumumkan akan melakukan pembaruan fitur reactions emoji untuk pengguna iOS (Sumber: WA Beta Info Whastapp mengumumkan akan melakukan pembaruan fitur reactions emoji untuk pengguna iOS (Sumber: WA Beta Info

Pengguna juga dapat melakukan pencarian mandiri untuk menentukan emoji apa yang akan diberikan untuk menanggapi pesan. Caranya adalah dengan mengetik nama emoji di kolom pencarian (search).

Nantinya, emoji yang sebelumnya telah dipilih oleh pengguna akan tersimpan otomatis di kolom “Recent Reactions”. Sehingga, pengguna bisa mudah menggunakannya kembali.

Dirangkum KompasTekno dari WA Beta Info, Selasa (21/6/2022), pembaruan fitur reaction sedang dalam uji coba beta untuk perangkat iOS versi 2.22.13.74. dan perangkat Android versi 2.22.10.9.

Belum diketahui, kapan WhatsApp akan memperluas uji coba pembaruan fitur reactions ini dan kapan akan resmi disebar ke seluruh penggunanya.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com