Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fitur Baru Instagram, Bisa Bikin Avatar hingga Bantu Cari Anak Hilang

Kompas.com - 22/06/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Instagram rutin menambahkan sejumlah fitur baru tiap tahunnya. Seperti aplikasi media sosial umumnya, fitur baru tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi Instagram.

Hingga pertengahan tahun ini saja, terhitung setidaknya Instagram telah menggelontorkan sembilan fitur baru ke pengguna. Salah satu contoh fitur baru Instagram adalah seperti pembuatan karakter animasi 3D atau Avatar.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Efek Instagram yang Gagal Digunakan

Lewat fitur ini, pengguna bisa membuat karakter animasi 3D yang merepresentasikan dirinya, dengan berbagai macam pilihan desain. Avatar yang dibuat nantinya bisa digunakan sebagai stiker untuk dibagikan ke pengguna lain.

Tak hanya menghibur, dalam deretan daftar fitur Instagram terbaru, terdapat pula fitur yang bisa membantu pengguna saat situasi genting, seperti Amber Alert. Dengan fitur itu, Instagram bakal membantu orang tua untuk menemukan anaknya yang hilang.

Selain dua contoh di atas, masih banyak lagi fitur di Instagram yang baru ditambahkan oleh perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan apa saja fitur baru Instagram.

Daftar fitur Instagram terbaru

1. Avatar Instagram

Pengguna Instagram bisa membuat avatar dirinya melalui menu stiker. Nantinya, avatar tersebut akan hadir sebagai stiker yang bisa diunggah di Stories. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Pengguna Instagram bisa membuat avatar dirinya melalui menu stiker. Nantinya, avatar tersebut akan hadir sebagai stiker yang bisa diunggah di Stories.

Fitur baru Instagram yang pertama adalah Avatar. Lewat fitur ini pengguna bisa membuat karakter animasi 3D. Kemudian, Avatar itu bisa dibagi ke pengguna lain lewat stiker. Untuk cara membuatnya, silakan cek di artikel ini “Cara Bikin Avatar di Instagram”.

2. Parental Control

Fitur Parental Control kini memungkinkan orang tua mengirim permintaan untuk mengawasi aktivitas anak remajanya di Instagram. Lewat fitur ini, orang tua bisa melihat akun yang di-report oleh sang anak. Untuk pengoperasiannya, silakan cek di tautan ini.

3. Pin foto atau video di Feed

Sekarang, foto atau video di halaman Feed Instagram bisa disematkan sehingga berada pada daftar teratas. Cara menggunakan fitur ini bisa dicek pada artikel “Cara Pin Postingan Foto dan Video Instagram di iPhone dan HP Android”.

4. Durasi Reels diperpanjang

Dulu video Reels hanya bisa dibuat dengan opsi durasi 15 detik, 30 detik, atau 60 detik. Kini, durasi Reels diperpanjang jadi 90 detik. Penjelasan yang lebih lengkap soal pengoperasioan fitur ini bisa dicek di artikel “Instagram Reels Diperpanjang Jadi 90 Detik”.

5. Menambahkan musik di Feed

Ilustrasi cara menambahkan musik di Feed InstagramKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan musik di Feed Instagram

Fitur Instagram terbaru yang berikutnya adalah pengguna kini bisa menambahkan musik saat hendak mengunggah foto di Feed. Untuk caranya, silakan baca di artikel ini “Cara Menambahkan Musik di Feed Instagram”.

6. Moderator di Live Instagram

Pengguna kini bisa menambahkan moderator saat melakukan siaran atau Live Instagram. Moderator itu berperan untuk mengelola komentar yang masuk saat pengguna tengah Live Instagram. Untuk menambahkan moderator, langkahnya bisa dicek lewat tautan ini.

7. Penambahan opsi di stiker Polling

Stiker Polling untuk jajak pendapat di Instagram Stories kini tersedia hingga empat opsi jawaban. Penjelasan lebih lanjut soal fitur ini bisa dicek pada artikel berikut “Fitur Polling Instagram Stories Kini Bisa Munculkan 4 Opsi”.

8. Take a Break

Seperti namanya, fitur Take a Break memungkinkan pengguna untuk dapat notifikasi agar beristirahat sejenak untuk bermain Instagram. Untuk pengoperasian fitur Take a Break, silakan cek di tautan ini.

9. Amber Alert

Fitur AMBER Alert di InstagramInstagram Fitur AMBER Alert di Instagram

Terakhir, terdapat fitur baru Instagram bernama Amber Alert. Lewat fitur ini, Instagram bakal mengirim unggahan yang berisi informasi mengenai anak hilang di di linimasa pengguna. Penjelasan lebih lanjut soal Amber Alert Instagram bisa dicek di tautan ini.

Baca juga: Ini Penyebab Kenapa Tidak Bisa Masuk Instagram dan 7 Cara Mengatasinya

Itulah daftar sembilan fitur Instagram yang baru ditambahkan ke pengguna, mulai dari Avatar hingga Amber Alert, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com