Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabel Spesifikasi dan Harga Tecno Pova 3 di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2022, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan smartphone Tecno, resmi meluncurkan ponsel terbarunya di Indonesia, yakni Tecno Pova 3, Rabu (22/6/2022).

Ponsel Tecno Pova 3 merupakan ponsel gaming penerus Tecno Pova 2 yang sudah dirilis September 2021 lalu. Spesifikasi Tecno Pova 3 pun sedikit meningkat dibanding pendahulunya, terutama di bagian dapur pacu.

Namun, sebagian besar spesifikasi Tecno Pova 3 lainnya, agaknya masih "mewarisi" Tecno Pova 2, termasuk soal baterai.

Seperti generasi sebelumnya, seri terbaru yang dirilis perusahaan asal China itu mengunggulkan sektor baterai dengan kapasitas jumbo, yakni 7.000 mAh.

Agar kapasitas baterai yang besar itu tidak terlalu makan banyak waktu saat diisi daya, Tecno membekali fitur fast charging 33 watt. Sayangnya, Tecno tidak mengungkap berapa waktu yang diperlukan untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga penuh.

Baca juga: Video: Hands-on Tecno Pova 3, HP Gaming Jumbo dengan LED RGB

Selain itu, Tecno Pova 3 turut didukung fitur reverse charging dengan keluaran daya 10 watt. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjadikan Tecno Pova 3 sebagai powerbank bagi perangkat lain lewat sambungan kabel data berjenis USB tipe C to USB tipe C.

Jadi, pengguna cukup menyambungkan kabel USB tipe C dari Tecno Pova 3 ke port USB tipe C di ponsel Android lain.

Lanjut ke desain belakang. Punggung Tecno Pova 3 agak berbeda dengan pendahulunya. Tampak dari gambar di bawah ini, modul kamera yang diusung kedua perangkat sedikit berbeda.

Tecno Pova 3 memiliki modul kamera yang tersusun secara vertikal tanpa ada bilah. Sementara pendahulunya, memiliki bilah persegi panjang yang menampung tiga kamera yang tersusun vertikal.

Tampilan Punggung Ponsel Tecno Pova 2 (kiri) dan Tecno Pova 3 (kanan) (Sumber: Tecno Mobiles) Tampilan Punggung Ponsel Tecno Pova 2 (kiri) dan Tecno Pova 3 (kanan) (Sumber: Tecno Mobiles)
Kendati demikian, keduanya sama-sama memiliki garis yang membelah bagian punggung ponsel secara vertikal. Akan tetapi, garis di Tecno Pova 3 menampung LED yang bisa menyala ketika pengguna bermain game, mengangkat telepon, atau mengisi daya.

Baca juga: Tecno Spark 9T Meluncur dengan Helio G37 dan Baterai 5.000mAh

Beranjak ke sisi layar, Tecno Pova 3 memiliki IPS LCD dengan bentang layar seluas 6,95 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layarnya yang mendukung refresh rate hingga 90Hz itu memilliki lubang kamera di sisi tengah atas.

Lubang kamera tersebut berguna untuk menampung kamera selfie beresolusi 8 mega piksel (MP).

Kemudian di sisi belakang, terdapat kamera utama beresolusi 50 MP, lalu depth sensor beresolusi 2 MP, dan kamera AI.

Selanjutnya, di bagian dapur pacu, perangkat ini ditenagai oleh rangkaian chipset Mediatek Helio G88 dengan fabrikasi 12 nanometer keluaran MediaTek. Chip ini mengalami peningkatan dari seri sebelumnya, Tecno Pova 2, yang "diotaki" chipset Mediatek Helio G85.

Baca juga: Ponsel Tecno Camon 19 Pro Meluncur, Pertama dengan Sensor RGBW

Tecno Pova 3 dibekali RAM berkapasitas 6 GB yang dapat diperluas secara virtual hingga 5 GB, serta memori internal sebesar 128 GB. Tecno Pova 3 juga memiliki varian lain, yakni RAM 4 GB/64 GB. Namun, varian terakhir belum tersedia di Indonesia.

Perangkat ini sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dilapisi antarmuka HiOS. Fitur tambahan lainnya, perangkat ini dibekali speaker ganda di bagian bawah dan atas dengan kualitas Stereo Audio DTS.

Peluncuran smartphone Tecno Pova 3 diselenggarakan secara langsung dan dihadiri oleh Country Manager TECNO Indonesia Paul Pan, Bundling Global Brand Management Manager TELKOMSEL Apri Dinata, Head of Sales TECNO Indonesia Agus Supangat, dan Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia Putri Lukman (dari kanan ke kiri) (Sumber: Tecno Mobiles) Peluncuran smartphone Tecno Pova 3 diselenggarakan secara langsung dan dihadiri oleh Country Manager TECNO Indonesia Paul Pan, Bundling Global Brand Management Manager TELKOMSEL Apri Dinata, Head of Sales TECNO Indonesia Agus Supangat, dan Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia Putri Lukman (dari kanan ke kiri) (Sumber: Tecno Mobiles)

Harga Tecno Pova 3

Tecno Pova 3 memiliki tiga opsi warna, yakni Electric Blue, Tech Silver, dan Eco Black. Masing-masing varian warna dibanderol dengan harga berbeda.

Berikut harga Tecno Pova 3 di Indonesia:

  • Tecno Pova 3 varian Eco Black dan Tech Silver: Rp 2,59 juta
  • Tecno Pova 3 varian Electric Blue: Rp 2,69 juta

Baca juga: Smartphone Tecno Spark 9 Pro Meluncur dengan Helio G85 dan Kamera 50 MP

Untuk rincian dari spesifikasi Tecno Pova 3 selengkapnya, bisa dilihat di tabel dibawah ini.

 Spesifikasi Tecno Pova 3
Layar 6,95 inci, Full HD Plus, Dot+In Display, Refresh Rate 90Hz
Dimensi 173,1 x 78,46 x 9,44 mm
Chipset MediaTek Helio G88
CPU: Octa-core 2.0GHz 12nm
Memori internal 128 GB
RAM 6 GB RAM + 5 GB RAM
Kamera Kamera belakang:50 MP + 2 MP + AI
Kamera depan: 8 MP
Sistem operasi Android 12
Fitur Flash Charge 33W, 10W Reverse Charge, 7.000mAh
Warna Electric Blue, Tech Silver, Eco Black
Harga Electric Blue (Rp 2,69 juta)
Eco Black dan Tech Silver (Rp 2,59 juta)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com