Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Janji Zuckerberg Bikin Kreator Instagram dan Facebook Makin Cuan

Kompas.com - 25/06/2022, 15:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan perusahaannya akan menyediakan lebih banyak opsi monetisasi bagi kreator Facebook dan Instagram. Selain itu, opsi monetisasi juga akan diperluas ke lebih banyak kreator konten.

"Kami meluncurkan lebih banyak cara bagi kreator konten untuk menghasilkan uang di Facebook dan Instagram dan berbagi pembaruan yang akan membantu kreator konten membangun metaverse," kata Zuck dalam postingannya.

"Kami menuju masa depan dengan lebih banyak orang yang bisa bekerja kreatif seperti yang mereka sukai, dan saya ingin platform seperti kami ikut berperan mewujudkannya," lanjutnya.

Totalnya, ada 6 pembaruan dari Meta yang dipaparkan oleh Zuck terkait monetisasi untuk kreator konten. Berikut rinciannya.

Baca juga: Terancam Diblokir karena Belum Daftar PSE, Twitter dan Meta Bungkam, Google Akan Menyesuaikan

Skema bagi hasil ditunda sampai 2024

Agar lebih banyak pundi uang yang diterima kreator, Meta menunda skema bagi hasil perusahaan dengan kreator hingga tahun 2024, dari semula 2023.

Jadi, uang yang diterima kreator dari acara berbayar, paket langganan penggemar dan sumber lainnya akan diterima secara utuh tanpa dipotong oleh Meta.

Positngan Mark Zuckerberg soal mometisasi kreator IG dan FBFacebook Positngan Mark Zuckerberg soal mometisasi kreator IG dan FB

Marketplace kreator

Saat ini Meta sedang menguji tempat khusus di Instagram agar kreator dapat dijangkau dan dibayar atas konten buatannya. Cara ini disebut Meta dapat membuka peluang metode kemitraan baru dengan brand.

Kemudian setelah brand memilih kreator yang cocok, mereka bisa mengirimkan proposal ke kreator termasuk soal pembayarannya. Untuk mengakomodasi aktivitas ini, Meta akan menyediakan folder pesan kemitraan dalam menu DM Instagram.

Baca juga: Meta, Microsoft, Epic Games dkk Bersatu Bentuk Badan Metaverse

Dirangkum KompasTekno dari Business Standard, Sabtu (25/6/2022), praktik ini mirip seperti marketplace kreator di TikTok yang memungkinkan brand menemukan kreator teratas dan sesuai dengan kampanye pemasaran yang dibutuhkan.

Grup Facebook eksklusif

Meta juga meluncurkan Facebook Grup khusus untuk kreator yang memungkinkan penggemarnya berlangganan guna mendapat konten eksklusif. Pembayarannya sendiri dapat dilakukan menggunakan platform lain di luar ekosistem Meta.

Monetisasi Reels

Meta akan membuka program Bonus Play di Reels bagi lebih banyak kreator di Facebook. Perusahaan juga akan mengizinkan kreator mengunggah Reels Instagram buatannya ke Facebook.

Facebook stars

Fitur Facebook star akan dibuka ke lebih banyak kreator yang memenuhi syarat. Fitur ini sendiri memungkinkan kreator memonetisasi konten streamingnya. Penonton dapat membeli bintang untuk kemudian dikirimkan ke kreator yang ia sukai.

Baca juga: Facebook Pay Resmi Ganti Nama Meta Pay

Dengan diperluasnya fitur ini, akan ada lebih banyak kreator yang bisa menghasilkan uang dari video Reels, live video atau VOD.

Koleksi digital

Meta telah mengumumkan pihakanya sedang menguji coba fitur NFT Instagram sejak beberapa bulan lalu. Uji coba ini menurut Zuckerberg akan diperluas ke lebih banyak kreator di seluruh dunia, sehingga mereka dapat menampilkan NFT-nya di Instagram.

"Kami juga akan segera menghadirkan fitur ini (NFT) ke Facebook, dimulai dengan sekelompok kecil kreator di AS, sehingga mereka dapat memposting di Instagram maupun Facebook," ujar Zuck.

Tak hanya diperluas ke Facebook, dukungan FT juga akan diuji Meta di Instagram Stories dan SparkAR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com