Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Hangouts Pensiun November 2022, Pengguna Diajak Pindah ke Aplikasi Chat

Kompas.com - 28/06/2022, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi percakapan Hangouts milik Google dipastikan akan pensiun November 2022 mendatang. Kabar ini diumumkan Google melalui blog resminya pada Senin (27/6/2022).

Menurut Ravi Kaneeganti, Product Manager Google Chat, para pengguna aplikasi Hangout nantinya dapat beralih ke aplikasi Google Chat. Pasalnya, Google Chat memiliki lebih banyak fitur untuk berkolaborasi, seperti mengedit dokumen di Docs, Sheet, serta Spreadsheet.

"Google Chat juga menyertakan Spaces, tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik. Tim dapat berbagi ide, mengerjakan dokumen, dan mengelola file dan tugas, semuanya dari satu lokasi," ungkap Ravi.

Sebagai langkah untuk mempensiunkan Hangouts, Google juga mengajak pengguna untuk beralih ke aplikasi Chat atau ke Gmail mulai pekan ini.

Baca juga: Terancam Diblokir karena Belum Daftar PSE, Twitter dan Meta Bungkam, Google Akan Menyesuaikan

Pantauan KompasTekno, Selasa (28/6/2022), ajakan tersebut akan ditemui ketika pengguna membuka aplikasi Hangouts, yang saat ini masih tersedia dan bisa diunduh melalui toko aplikasi Play Store.

Ilustrasi laman ajakan Google di aplikasi Hangouts untuk beralih ke Google Chat atau Gmail.Kompas.com/Bill Clinten Ilustrasi laman ajakan Google di aplikasi Hangouts untuk beralih ke Google Chat atau Gmail.

Melalui tampilan tersebut, pengguna akan diajak untuk beralih ke fitur Chat di Gmail, atau aplikasi Chat yang bisa diunduh di Play Store.

Apabila melihat gambar di atas, tombol untuk beralih dari Hangouts ke Gmail diwakili dengan warna biru, sedangkan tombol untuk mengunduh aplikasi Chat berwarna putih.

Selain Hangouts versi aplikasi, Google juga bakal mengajak pengguna Hangouts versi web untuk beralih ke Chat versi web mulai pekan ini.

Pada Juli mendatang, pengguna Hangouts di Gmail versi web juga akan merasakan perubahan, di mana tampilan Hangouts perlahan akan berubah menjadi Chat.

Meski pengguna telah beralih dari Hangouts ke aplikasi Google Chat atau Gmail, Google mengeklaim bahwa daftar atau riwayat percakapan di Hangouts akan tetap bisa diakses pengguna di dua aplikasi penggantinya tadi.

Kendati riwayat percakapan akan tetap bisa diakses, Google menyarankan pengguna untuk mencadangkan (backup) semua data yang ada di Hangouts melalui layanan Google Takeout.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pengguna yang saat ini masih memakai aplikasi Hangouts di ponsel mereka akan "dipaksa" untuk beralih ke Gmail atau Chat ketika membuka aplikasi tersebut. Artinya, mereka tidak bisa memakai aplikasi itu lagi.

Baca juga: Google, Facebook, WhatsApp, Instagram dkk Bakal Diblokir di Indonesia 20 Juli?

Adapun layanan Hangouts versi web sendiri masih bisa digunakan hingga tenggat waktu tadi, yaitu hingga November 2022, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog Google, Senin (28/6/2022).

Google ingin pensiunkan Hangouts sejak 2017

Google HangoutsIstimewa Google Hangouts

Google sendiri ingin memensiunkan layanan Hangouts sejak 2017. Kala itu, Google mengumumkan rencana untuk menutup layanan chatting Hangouts, dan beralih ke layanan Google Chat dan Google Meet.

Tahapan pertama penutupan layanan Hangouts dimulai perlahan, dengan mengalihkan pengguna Hangouts di layanan Google G Suite (layanan cloud, produktivitas, dan kolaborasi dari Google).

Nah, berselang hampir lima tahun, Google baru benar-benar mulai menghapus Hangouts secara perlahan dari toko aplikasi.

Bila kilas balik ke belakang, layanan Google Hangouts sendiri telah menemani pengguna sejak 11 tahun lalu, tepatnya pada 2011. Pada saat itu, Hangouts diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus.

Hangouts menjadi aplikasi mandiri (standalone) dimulai sejak 2013. Ketika itu, Hangouts dapat diandalkan pengguna Google untuk mengirim pesan instan dan melakukan panggilan video (video call).

Baca juga: Mengapa E-mail Bisa Masuk ke Spam di Gmail? Ini 5 Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com