Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 12S dengan Kamera Leica, Meluncur 4 Juli

Kompas.com - 29/06/2022, 09:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Teka-teki ponsel pertama Xiaomi yang akan dibekali kamera Leica akhirnya terjawab. Smartphone tersebut adalah Xiaomi 12S series yang akan diluncurkan 4 Juli mendatang.

Peluncuran Xiaomi 12S diumukan langsung oleh Xiaomi dalam sebuah poster yang diunggah di media sosial resmi mereka.

Acara peluncuran akan digelar secara online dan bisa disaksikan di media sosial resmi Xiaomi, seperti Facebook dan Twitter, serta kanal YouTube mereka, mulai pukul 19.00 GMT+8 atau sekitar jam 18.00 WIB.

Baca juga: Bocoran Tampang dan Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra

Kabarnya, ada tiga model yang akan dirilis, yakni Xiaomi 12S 'reguler', 12S Pro, dan 12S Ultra. Vendor asal China itu belum membagi informasi apapun soal spesifikasi Xiaomi 12S series, selain dukungan teknologi kamera Leica yang tersirat dari logo yang tercantum dalam poster.

Kendati demikian, bocoran Xiaomi 12S sudah banyak beredar di internet sejak beberapa waktu lalu.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 12S

Menurut bocoran yang beredar, Xiaomi 12S series akan ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Namun, untuk model Xiaomi 12S Pro, konon juga akan ada varian lain yang d"diotaki" chipset Dimensity 9000+ buatan Mediatek.

Untuk Xiaomi 12S versi reguler dan Xiaomi 12S Pro, kabarnya akan dibekali layar dengan panel AMOLED LTPO 2.0 dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Dari render gambar yang beredar, layar Xiaomi 12S akan dihiasi lubang kamera yang berada tepat di sisi tengah atas layar. Lubang tersebut digunakan sebagai wadah kamera depan yang saat ini belum diketahui konfigurasinya.

Baca juga: Xiaomi Civi 1S Resmi Meluncur, Bawa Fitur Canggih Milik Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12S series juga memiliki modul kamera yang cukup besar, hampir memenuhi setengah punggung ponsel. Dari gambar yang beredar, tampak susunan lensa tersemat di sebuah modul lingkaran, yang berada di tengah bilah persegi.

Untuk Xiaomi 12S Ultra, kabarnya akan dibekali empat kamera, di mana kamera utamanya beresolusi 50 MP. Kemudian, ada kamera ultrawide beresolusi 48 MP dan dua kamera periskop. Model ini juga akan dibekali layar berbentang 6,6 inci dengan refresh rate 120 Hz.

Belum diketahui spesifikasi kamera untuk Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Pro.

Untuk sektor penyimpanan, Xiaomi 12S reguler dan Xiaomi 12S Pro kabarnya akan hadir dengan tiga opsi, yakni RAM 8 GB/128 GB, 8GB/256 GB, serta 12 GB/512 GB.

Sementara itu, untuk Xiaomi 12S Ultra akan memiliki dua opsi konifigurasi memori, yaitu RAM 8 GB RAM/ 256 GB penyimpanan internal, dan 12 GB /512 GB.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12 di Indonesia

Xiaomi 12S series kabarnya akan dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Namun belum diketahui pasti apakah ketiga model akan dibekali kapasitas yang sama atau tidak.

Kabarnya, ada pula dukungan fast charging hingga 120 watt, sebagiamana KompasTekno himpun dari Gizmo China, Rabu (29/6/2022)

Informasi di atas masih bersifat bocoran. Bisa saja berbeda dengan spesifikasi Xiaomi 12S resmi saat diluncurkan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com