Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria yang Terapung di Tengah Laut Selamat Berkat Apple Watch

Kompas.com - 05/07/2022, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Arloji pintar Apple Watch lagi-lagi menyelamatkan nyawa penggunanya. Baru-baru ini, seorang pria diketahui terapung di tengah laut bersama kayak yang terseret ombak sejauh 4 Km dari pantai utara Sydney, Australia.

Pria yang tidak disebutkan identitasnya tersebut akhirnya berhasil diselamatkan berkat Apple Watch yang dipakainya.

Kejadian bermula saat dua orang pria menaiki kayak, sejenis perahu dayung berukuran kecil. Mereka berdua berencana untuk menyusuri pantai menggunakan kayak tersebut.

Namun, tidak lama setelah itu, mendadak angin berembus kencang, sehingga menimbulkan ombak besar. Walhasil, angin dan ombak membuat kedua pria tersebut terjatuh dan terpisah.

Baca juga: Apple Watch Jadi Alat Bantu Aksi Perampokan Rp 7 Miliar

 

Pria yang menggunakan Apple Watch tersebut pun segera berinisiatif untuk membuat panggilan SOS atau sinyal darurat untuk meminta bantuan.

Apple Watch memang memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi layanan darurat. Dalam waktu yang bersamaan, pengguna juga dapat membagikan titik lokasi dari tempat ia melakukan panggilan.

Panggilan darurat tersebut diterima sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat. Tidak lama kemudian, Komando Wilayah Kepolisian Perairan (Police Marine Area Command) di New South Wales (NSW) menghubungi komunitas Surf Lifesaving NSW dan helikopter penyelamat Westpac untuk menyelamatkan dua pedayung tersebut.

Baca juga: Apple Watch Bisa Bantu Deteksi Gejala Penyakit Parkinson

Tidak hanya itu, penjaga pantai dan komunitas Freshwater Surf Lifesaving juga dikerahkan untuk membantu proses pencarian. Semua bala bantuan tersebut membantu pencarian menggunakan jetski dan perahu penyelamat.

Akhirnya, helikopter penyelamat berhasil menemukan sebuah kayak berwarna jingga terang terapung di tengah laut.

Tepat sebelum pukul 09.30, para penolong menemukan lokasi dari pria ini. Pria tersebut ditemukan dan terlihat kelelahan karena berjuang agar tetap bisa tegak di atas air selama menunggu bantuan.

Setelah helikopter mendarat di lapangan olahraga, tim medis yang telah menunggu segera mengecek kondisi pria tersebut.

Tim medis menyatakan kondisi pria tersebut tidak memiliki luka berat ataupun ringan, tetapi menunjukkan gejala hipotermia akibat dinginnya suhu di air laut. Kondisi rekannya pun dilaporkan sama, tidak mengalami luka apapun.

Baca juga: Apple Watch Bantu Polisi Temukan Korban Penculikan

Pria tersebut dianggap "beruntung" oleh para penolong. Sebab, Apple Watch yang dipakainya, masih sanggup menjangkau sinyal kendati terhampar di tengah laut.

Seperti yang diketahui, untuk dapat meminta atau melakukan panggilan SOS/darurat, arloji pintar membutuhkan koneksi internet yang memadai agar dapat mengirim titik lokasi ke pihak berwajib.

Pria tersebut dianggap sangat beruntung karena masih memiliki koneksi internet walau tengah terapung di laut.

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com