Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubisoft Setop Layanan Online pada 13 Game Ini

Kompas.com - 06/07/2022, 12:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubisoft

KOMPAS.com - Ubisoft bakal menghentikan dukungan layanan online pada sejumlah game lawas buatannya, seperti Assassin's Creed series, Far Cry 3, Prince of Persia, dan masih banyak lagi.

Melalui situs resminya, Ubisoft menuliskan bahwa pihaknya akan menghentikan layanan online di 13 judul game lawas yang tersedia di PC, PlayStation 3 (PS3), Wii U, dan Xbox 360. Kebijakan ini dipastikan bakal berlaku mulai 1 September 2022.

Selain menghentikan dukungan layanan online pada game, Ubisoft juga akan menangguhkan fitur multi-player dan kemampuan untuk menautkan akun game ke akun Ubisoft.

Perusahaan video game ternama yang berbasis di Perancis itu turut memblokir pemain untuk bisa mengakses downloadable content (DLC) yang disediakan.

Baca juga: Ubisoft Sebut Konsol PS5 Bisa Mainkan Hampir Semua Game Lawas

Lebih lanjut, Ubisoft mengumumkan bahwa keputusan ditutupnya layanan online untuk 13 game ini sengaja dilakukan untuk mengalihkan sumber daya perusahaan yang dimiliki, ke judul game lain yang lebih populer.

"Menutup layanan online untuk beberapa game lawas memungkinkan kami untuk dapat memfokuskan sumber daya kami untuk dapat memberikan pengalaman hebat bagi pemain yang memainkan judul yang lebih baru atau lebih populer," tulis Ubisoft.

Perlu diperhatikan bahwa penghentian dukungan ini hanya berlaku pada judul game lawas. Artinya, pemain masih dapat menikmati deretan fitur-fitur online yang tersedia pada game yang dirilis ulang (versi Remastered).

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar judul game, jenis platform, dan dukungan yang dihentikan Ubisoft, dihimpun KompasTekno dari situs resminya, Rabu (6/7/2022).

  • Anno 2070 (PC): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online
  • Assassin's Creed 2 (PC, PS3): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online
  • Assassin's Creed 3 (PC, PS3, Wii U, Xbox 360): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Assassin's Creed Brotherhood (PC, PS3, Xbox 360): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Assassin's Creed Liberation HD (PC): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Driver San Francisco (PC, PS3, Xbox 360): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Far Cry 3 (PC, PS3, Xbox 360): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Prince of Persia: The Forgotten Sands (PC): co-op multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Rayman Legends (PS3, Wii U, Xbox 360): kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online
  • Silent Hunter 5 (PC): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online, akses DLC
  • Space Junkies (PC): Kehilangan kemampuan untuk mengakses game
  • Splinter Cell: Blacklist (PC, PS3, Xbox 360): multiplayer, kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online
  • ZombiU (Wii U): kemampuan untuk menautkan ke akun Ubisoft, fitur-fitur online
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubisoft
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com