Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup Hari Ini, Line Today Kirim Salam Perpisahan ke Pengguna

Kompas.com - 06/07/2022, 19:15 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan kurasi berita Line Today resmi ditutup mulai hari ini, Rabu (6/7/2022). Pihak Line pun mengirim salam perpisahan untuk pengguna Line Today melalui aplikasi.

"Kami berterima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari Line Today yang dalam beberapa tahun ini telah berevolusi menjadi salah satu pengepul berita, konten, dan cerita yang banyak dicintai di Tanah Air," tulis Line Indonesia.

"Kami juga berterima kasih kepada lebih dari 250 media partner di Indonesia yang telah membantu dalam membangun salah satu layanan Line yang paling banyak digunakan di Indonesia," imbuh Line Indonesia.

Lebih lanjut, Line Indonesia juga menjelaskan bahwa penutupan ini dilakukan sengaja dilakukan lantaran adanya perubahan strategi bisnis di Line.

Baca juga: Line Today Ditutup di Indonesia, Bagaimana Nasib Line Messenger?

"Perubahan strategi bisnis yang baru ini memaksa kami untuk menganbil keputusan menonaktifkan Line Today di Indonesia per 6 Juli 2022," lanjut pihak Line Indonesia.

Line Today mengirimkan salam perpisahan kepada pengguna. Layanan pengepul berita tersebut ditutup per hari ini, Rabu (6/7/2022). KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Line Today mengirimkan salam perpisahan kepada pengguna. Layanan pengepul berita tersebut ditutup per hari ini, Rabu (6/7/2022).
Pernyataan yang diumumkan Line Indonesia sejalan dengan keterangan yang disampaikan Country Manager Line Indonesia, Fanny Verona, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Fanny mengatakan bahwa penutupan Line Today merupakan bentuk strategi perusahaan untuk fokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia.

Keputusan ini, menurut Fanny, tidak akan memengaruhi sejumlah layanan lain yang tersedia di aplikasi Line Messenger, seperti Stickers, Line Bank, Line Webtoon, Line Game, Bisnis Fintech seperti Line Split Bill, Timeline (atau Line Voom).

"Beberapa layanan, termasuk aplikasi standalone kami akan tetap beroperasi sama seperti sebelumnya," ungkap Fanny kepada KompasTekno.

Fanny juga memastikan bahwa pengguna masih bisa menggunakan akun Line mereka dengan normal untuk melakukan komunikasi dengan teman, keluarga, atau kerabat lainnnya.

Isu penutupan Line Today sendiri mulanya ramai di media sosial. Line Today sendiri sejatinya merupakan sebuah layanan yang hadir di dalam aplikasi utama Line Messenger.

Layanan ini menyajikan kumpulan berita dari berbagai media yang bisa diakses dengan mengetuk tab "TODAY" di aplikasi Line Messenger.

Baca juga: Line OpenChat Akan Ditutup di Indonesia Mulai 20 Juli

Pada Juni 2018 lalu, Line Today sempat diluncurkan secara mandiri sebagai aplikasi terpisah atau stand-alone di Google Play Store dan App Store.

Namun, setelah sekitar dua tahun aplikasi stand-alone Line Today ditutup pada 30 Agustus 2021, meski layanannya masih dapat diakses melalui aplikasi utama Line.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com