Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AI Buatan Meta Bisa Terjemahkan 200 Bahasa

Kompas.com - 08/07/2022, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Februari 2022 lalu, CEO Meta, Mark Zuckerberg mengungkapkan visi perusahaannya yang fokus pada sistem penerjemahan bahasa. Visi tersebut adalah “No Language Left Behind” (NLLB), atau "jangan tinggalkan satu bahasa pun".

Enam bulan setelah pengumuman tersebut, Meta mengumumkan kecerdasan buatan atau AI (artifical intelligence) yang mampu berbicara dan menerjemahkan 200 bahasa yang berbeda. Kecerdasan buatan ini diberi nama “NLLB-200”.

200 bahasa yang dapat diterjemahkan secara bersamaan, termasuk bahasa dari seluruh wilayah Asia dan Afrika dan bahasa yang jarang digunakan seperti Lao (bahasa Laos) dan Kamba, yaitu bahasa dari etnis Bantu di Kenya, Tanzania.

Seperti yang diketahui, saat ini ada lebih dari 7.000 bahasa yang digunakan di dunia. Melalui visi NLLB yang disampaikan Meta ini, perusahaan tampak benar-benar ingin mewujudkan tujuannya untuk bisa memahami semua bahasa.

Baca juga: Teknologi AI Bantu Wasit Piala Dunia 2022 Tentukan Offside

AI ini nantinya akan dapat meningkatkan kemampuan penerjemahan bahasa di aplikasi media sosial mereka yaitu Facebook dan Instagram.

Menurut pihak Meta, NLLB-200 dapat menerjemahkan bahasa Afrika dengan hasil yang memuaskan. Pencapaian melewati rekor dari model AI sebelumnya, yang bernama “FLORES-101”.

“FLORES-101” sendiri merupakan model Al yang mampu berbicara dengan 100 bahasa yang berbeda. Namun, ada kekurangan dari AI tersebut, sehingga pihak peneliti perlu melakukan tinjauan ulang.

Kendati demikian, masih ada tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan. Saat AI menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa lain atau sebaliknya, hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan.

Namun, bila kedua bahasa tersebut bukan bahasa Inggris, AI akan menjadi lebih sulit menerjemahkan.

Hal ini dikarenakan model bahasa yang digunakan dalam AI tersebut hanya mengandalkan data tertulis yang diambil di internet.

Baca juga: Karyawan Google Sebut AI Sudah Mirip Manusia

Apabila sumber teks dari bahasa tertentu sangat minim di internet, sistem mungkin tidak mampu menghasilkan terjemahan yang maksimal.

Untuk menyempurnakan AI ini, Meta akan menjadikan NLLB-200 sebagai open-source. Artinya, AI tersebut akan dibuka secara publik, sehingga siapapun dapat menggunakan, memodifikasi, hingga memperbaiki kekurangan yang terdapat dalam sistem.

Selain itu, Meta juga akan memberi 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 3 miliar kepada organisasi nirlaba yang ingin mengembangkan teknologi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Engadget
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com