Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Main Tes Usia Mental yang Tengah Viral di Medsos

Kompas.com - Diperbarui 13/07/2022, 08:25 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Di media sosial (medsos), seperti TikTok atau Twitter, beberapa waktu belakangan ini tengah diramaikan dengan perbincangan mengenai permainan bernama Tes Usia Mental atau Mental Age Test.

Sebagian pengguna tampak membagikan hasil dari permainan tersebut ke linimasa medsos. Salah satunya seperti yang dibagikan lewat Twitter oleh akun pengguna dengan handle @brian_sins, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Link dan Cara Main Game Countryle yang Ramai Dibagikan di Twitter

Selain dari contoh tersebut, masih banyak lagi dijumpai pengguna yang membagikan hasil permainan Tes Usia Mental di medsos. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat unggahan hasil permainan itu di medsos.

Untuk permainan Tes Usia Mental sendiri, diketahui bersumber dari situs web “Arealme.com”. Berdasar penelusuran di Arealme.com, sejatinya situs web tersebut tidak hanya menyediakan permainan Tes Usia Mental.

Arealme.com juga menyediakan permainan lainnya seperti “Binatang apakah kamu?” atau “Siapakah kamu di masa lalu?”. Kebanyakan permainan yang terdapat di Arealme.com itu berupa kuis, termasuk Tes Usia Mental.

Pada Tes Usia Mental, pemain bakal diberikan kuis dengan 31 pertanyaan yang berkaitan dengan kepribadian. Pertanyaan itu hanya memiliki tiga opsi jawaban, yakni “iya”, “tidak”, atau “tidak keduanya”.

Setelah menjawab pertanyaan, Arealme.com bakal memberikan kesimpulan berupa usia mental yang dimiliki pemain. Usia mental sendiri dikatakan Arealme.com merupakan ukuran kemampuan psikologis seseorang berdasarkan jumlah usia.

Misalnya, usia mental yang didapat seseorang adalah 10 tahun maka ia memiliki kemampuan psikologis mirip seperti anak berusia 10 tahun, terlepas umur terkini dari orang itu.

Di situlah Tes Usia Mental mungkin menjadi cukup seru untuk dimainkan. Permainan bisa saja menghasilkan kesimpulan usia mental yang lebih muda atau lebih tua dari umur pemain sebenarnya.

Bagi Anda yang ingin turut memainkan Tes Usia Mental, caranya cukup mudah, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara main Tes Usia Mental

  • Kunjungi link Tes Usia Mental ini https://www.arealme.com/mental/id/
  • Kemudian, Anda bisa memasukkan umur sebenarnya di kolom yang tersedia (boleh tidak memasukkan).
  • Setelah itu, klik opsi “Mulai”.
  • Jawab setiap pertanyaan yang diberikan.
  • Setelah terjawab semua, kesimpulan usia mental yang dimiliki bakal muncul.
  • Anda bisa membagikan kesimpulan tersebut ke media sosial seperti Twitter atau Facebook dengan mengetuk opsi “Bagikan”.

Penting untuk diingat, kesimpulan Tes Usia Mental dari situs web Arealme.com itu hendaknya hanya dijadikan sebagai hiburan.

Baca juga: Ramai Game Picka: 30 Days to Love di Twitter yang Bisa Bikin Baper

Ini dikarenakan situs web tersebut tidak menjelaskan secara pasti metode yang digunakan dalam membuat pertanyaan dan kesimpulan. Arealme.com hanya menyebutkan apabila Tes Usia Mental berasal dari Jepang.

Demikianlah penjelasan seputar cara main Tes Usia Mental yang kini tengah viral di medsos, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com