Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Emoji Kini Bisa Dipakai untuk Reactions Percakapan WhatsApp

Kompas.com - 12/07/2022, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg mengumumkan semua emoji di WhatsApp kini bisa digunakan sebagai "Reactions" percakapan WhatsApp. Fitur baru ini juga sudah bisa digunakan pengguna di Indonesia.

Sebelumnya, rumor penambahan jumlah emoji di fitur “Reactions” Whatsapp sudah mulai terdengar di akhir Juni lalu. 

Kemudian, Mark Zuckerberg melalui akun Instagram pribadinya secara resmi mengumumkan penambahan jumlah emoji di fitur "Reactions" dan sudah bisa dipakai seluruh pengguna Whatsapp.

Dalam pengumumannya, Zuckerberg menulis kalau Whatsapp sudah menyediakan opsi emoji apa pun sebagai “Reactions".

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

Zuckerberg pun turut membeberkan emoji-emoji kesukaannya sebagai Reactions, yakni emoji muka robot, kentang goreng, pria yang sedang surfing, emoji memakai kacamata hitam, angka 100, dan emoji fist bump.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Fitur “Reactions” ini awalnya mulai diumumkan oleh Whastapp pada April lalu, tetapi baru dapat digunakan secara merata oleh seluruh pengguna setelah satu bulan usai pengumuman, yaitu Mei 2022.

Emoji-emoji yang tersedia di versi sebelumnya hanya menampilkan enam emoji saja. Keenam emoji tersebut terdiri dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut, dan emoji kedua tangan sebagai simbol berterima kasih.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (12/7/2022), pembaruan fitur ini dinilai sebagai visual tambahan kepada pengguna Whatsapp untuk memberi kesan “menyenangkan”.

Setiap pengguna tidak akan dibatasi untuk menggunakan enam emoji “Reactions” saja, tetapi dapat dengan bebas menggunakan semua emoji.

Cara memberikan reaksi di percakapan WhatsApp

Bagi yang tidak sabar ingin mencoba fitur ini, bisa terlebih dahulu melakukan pembaruan aplikasi (update) WhatsApp di masing-masing perangkat Android/iOS, melal atau Apple Apps Store.

Setelah update aplikasi selesai, buka salah satu kolom chat, lalu tekan dan tahan (tap and hold) pesan yang ingin diberi reaksi. Nanti, akan muncul deretan lima emoji default dan ikon (+) di ujung kanan.

Pengguna harus mengetuk ikon (+) agar bisa memunculkan lebih banyak pilihan emoji yang ingin dipakai. Seketika, tampilan serupa akan muncul seperti pengguna mengklik ikon emoji dari kolom pesan (textbox).

Whastapp mengumumkan akan melakukan pembaruan fitur reactions emoji untuk pengguna iOS (Sumber: WA Beta Info Whastapp mengumumkan akan melakukan pembaruan fitur reactions emoji untuk pengguna iOS (Sumber: WA Beta Info

Pencarian mandiri untuk menentukan emoji apa yang ingin diberi untuk menanggapi pesan bisa dilakukan oleh pengguna. Caranya dengan mengetik nama emoji di kolom pencarian atau “Search”.

Bila sudah selesai memilih emoji, pengguna bisa melihat kembali emoji yang barusan digunakan di kolom “Recent Reactions”. Kolom tersebut akan menyimpan emoji yang dipilih secara otomatis. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa lebih mudah untuk menggunakannya kembali.

Fitur reactions WhatsApp ini mirip dengan fitur reactions di Telegram. Bedanya, Telegram mengharuskan pengguna berlangganan atau membeli Telegram Premium jika ingin memiliki fitur Reactions. Sedangkan WhastApp memberikannya secara gratis atau cuma-cuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com