Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Nokia T10 Meluncur, Harga Mulai Rp 2 Jutaan dan Ada Versi LTE

Kompas.com - 13/07/2022, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - HMD Global, selaku pemilik lisensi merek Nokia, resmi meluncurkan tablet Android entry-level, Nokia T10. Tablet ini menjadi penerus tablet Nokia T20 yang dirilis pada Desember 2021.

Nokia T10 didesain sebagai layar sekunder atau atau layar tambahan pengguna komputer, guna mendukung produktivitas pengguna. Selain itu, tablet ini juga mendukung konektivitas 4G LTE dengan disediakannya varian SIM card.

Ukuran Nokia T10 didesain lebih kecil dibanding pendahulunya, Nokia T20. Nokia T10 mengusung panel IPS LCD dan bentang layar seluas 8 inci, sedangkan Nokia T20 memiliki panel IPS LCD berdiagonal 10,4 inci.

Adapun resolusi layar Nokia T10 adalah 1280 x 900 piksel dengan perbandingan rasio 16:10. Layar perangkat memiliki kerapatan layar 189 PPI, tingkat kecerahannya mencapai 450 nits, dan mendapat sertifikasi Netflix HD.

Baca juga: Nokia Menyerah Bikin Smartphone Flagship, Fokus ke Ponsel Murah

Masih di bagian layar, Nokia T10 memiliki model bezel yang tebal di bagian atas dan bawah. Di bagian atas tengah bingkai, terdapat kamera untuk berswafoto (selfie) beresolusi 2 mega piksel dan bisa digunakan untuk merekam video 720p.

Bagian punggung tablet juga dibekali satu kamera resolusi 8 megapiksel, yang disematkan ke dalam modul berbentuk persegi panjang dengan sisi rounded shape. Terdapat pula lampu kilat LED untuk membantu kegiatan pemotretan saat malam hari/minim cahaya.

Lanjut ke bagian dapur pacu, Nokia T10 ditenagai oleh chip Unisoc T606 yang didesain dengan fabrikasi 12 nanometer, dengan CPU octa-core yang terdiri dari 2 kluster, yakni 2x Cortex-A75 untuk perfoma dan 6x Cortex A-55 untuk efisiensi perangkat.

Ada dua pilihan kapasitas RAM/penyimpanan yang ditawarkan Nokia T10, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB. Pengguna bisa memperluas kapasitas penyimpanan menggunakan slot kartu microSD yang tersedia.

Nokia T10 hadir dengan baterai berkapasitas 5.250 mAh. Berbeda dengan generasi pendahulunya, Nokia T20 memiliki baterai berkapasitas jumbo hingga mencapai 8.200 mAh.

Baca juga: Ini Dia Tablet Nokia Buatan Tahun 2001

Untuk pengisian daya, Nokia T10 disertai charger 10 watt dengan pengisian daya bisa melalui konektor USB-C yang tersedia.

Untuk konektivitas, Nokia T10 hadir dengan dua versi yang berbeda, yaitu mendukung fitur Wi-Fi only, dan LTE (SIM card nano). Varian LTE ini sebelumnya tidak tersedia di pendahulunya Nokia T20.

Fitur pendukung lainnya, perangkat ini mendukung sensor proximity, Ozo playback, Google Space untuk mode pemakaian tablet khusus anak-anak, Entertainment Space, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Bluetooth 5.0, jack audio 3,5 mm, dan GPS.

Sementara dari sektor software, Nokia T10 menjalankan sistem operasi Android 12 yang dijanjikan bakal mendapat tiga tahun jaminan pembaruan keamanan.

Nokia belum mengumumkan harga tablet Nokia T10, mereka hanya mengatakan tablet ini akan dijual dengan harga mulai 159 dollar AS (setara Rp 2,37 juta) untuk model Wi-Fi only varian 3/32 GB.

Baca juga: Nokia 2660 Flip, Nokia 5710, dan Nokia 8210 4G Resmi Meluncur

Penjualan tablet Nokia T10 akan dimulai pada Agustus mendatang secara global. Warna yang tersedia hanyalah Ocean Blue, dan beberapa pasar akan menjual casing plastik berwarna transparan.

Sempat hiatus

Nokia sendiri sempat hiatus selama kurang lebih tujuh tahun di pasar tablet. Sebelum diakuisisi HMD Global, Nokia sendiri sempat merilis tablet Nokia N1 pada 2014.

Dua tahun setelah HMD Global mengakuisisi merek Nokia, tablet pertama bernama Nokia T20 meluncur pada 2021.

Melihat perjalanan Nokia di lini tablet Android yang cukup panjang, bisa diartikan kalau selama ini Nokia baru memproduksi tiga tablet Android saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com