Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Rilis Fitur “Unmention” untuk Tinggalkan Percakapan

Kompas.com - 14/07/2022, 07:02 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Twitter mengumukan fitur baru bernama "unmention". Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus mention/sebutan yang melibatkan handle-nya.

Jadi, apabila dalam sebuah twit, akun pengguna di-mention orang lain, pengguna bisa menghapus mention tersebut.

Fitur yang sudah diuji coba Twitter sejak bulan April lalu, diumumkan langsung lewat akun resmi Twitter dengan handle @TwitterSafety.

“Terkadang Anda (pengguna) mungkin merasa tidak ingin menyimak (percakapan). Kontrol akun yang "mention" Anda dan tinggalkan percakapan melalui (fitur) "unmentioning", sekarang sudah hadir untuk seluruh pengguna di perangkat apapun,” begitu isi pengumuman Twitter.

Baca juga: Arti Kata “She’s a 10 but” yang Tengah Ramai di Twitter

Selain menghapus mention, pengguna juga bisa mencegah akunnya di-mention lagi di twit atau thread (utas) yang sama.

Fitur “unmention” ini sudah tersedia untuk semua pengguna Twitter versi mobile (iOS dan Android) serta versi desktop. Berdasarkan pengamatan KompasTekno, fitur ini sudah hadir di Indonesia.

Pengguna hanya perlu mengetuk ikon titik tiga yang berada di sebelah twit. Opsi yang tersedia nanti akan muncul “leave this conversation”/ "tinggalkan percakapan".

Saat pilihan tersebut diklik, Twitter akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna dalam bentuk pesan pop-up. Tujuannya sebagai bentuk pertimbangan apakah pengguna benar-benar yakin untuk keluar dari percakapan.

Baca juga: Arti Kata “Bdmd” yang Sering Digunakan di Twitter

Jadi, apabila pengguna menghapus mention, maka ada tiga hal yang akan terjadi. Pertama, mention akun Anda akan dihapus, orang-orang tidak akan lagi bisa menyebut Anda di twit, dan Anda tidak akan menerima notifikasi terkait percakapan.

Setelah meninggalkan percakapan, nama akun pengguna akan tetap muncul. Hanya saja warna akun yang ditandai berubah dari biru menjadi hitam.

Perubahan warna tersebut akan mengindikasikan pengguna lain bahwa Anda sudah keluar dari percakapan dan tidak dapat di-mention kembali.

Dirangkum dari 9to5Mac, Kamis (14/7/2022), Twitter juga tengah mempersiapkan fitur anti-abuse (anti-kekerasan) baru yakni "Safety Mode" yang akan memblokir secara otomatis twit yang tidak mengenakan yang me-mentions akun pengguna. Fitur ini kabarnya sudah mulai diuji coba bulan Februari lalu.

Baca juga: Arti Kata “Afh Iyh” yang Ramai Digunakan di Twitter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com