Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Emoji Baru Segera Hadir Tahun Ini, Ada Wajah Bergetar Hingga “High Five”

Kompas.com - 15/07/2022, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Untuk merayakan Hari Emoji Sedunia, tepatnya 17 Juli 2022 nanti, Emojiopedia memperkenalkan beberapa emoji baru dalam versi Emoji 15.0 yang akan segera rilis dalam waktu dekat.

Informasi ini diunggah oleh Emojipedia melalui cuitan di Twitter dengan handle @Emojipedia dalam bentuk thread (utas). Twit itu juga merinci daftar emoji baru beserta variannya.

“Emoji 15.0 akan segera rilis pada September 2022. Berikut adalah draf emoji yang sudah final, termasuk salah satunya Hati Merah Muda polos #WorldEmojiDay”," tulis twit tersebut.

Setidaknya, ada 31 draf emoji baru yang direkomendasikan Emojipedia kepada Unicode Consortium, badan standarisasi emoji, di tahun ini.

Baca juga: 31 Emoji Baru yang Bakal Dirilis pada September 2022 serta Artinya

Draf emoji tersebut terdiri emoji wajah bergetar, yang memiliki arti terkejut atau menandakan seseorang sedang merasakan gempa bumi. Lalu, hadir emoji baru, seperti emoji tangan kanan dan tangan kiri sedang mendorong.

Emoji bernama Leftwards/Rightwards Pushing Hands ini bisa diartikan sebagai menolak. Tapi juga bisa dimaknai sebagai “tos” atau “high five”.

Selanjutnya, terdapat tiga emoji hati dengan warna baru, yakni biru muda, abu-abu, dan merah muda. Dilansir dari blog Emojipedia, emoji hati merah muda menjadi salah satu yang paling dinantikan sejak 2016.

Ada pula deretan emoji binatang yang baru, seperti wajah “Moose” atau rusa besar, keledai, burung hitam (Black Bird), angsa, dan ubur-ubur.

Baca juga: Cara Reactions Pesan WhatsApp dengan Emoji Lebih Banyak

Sementara, dari sektor tumbuhan, ada eceng gondok, jahe, dan kacang polong. Sisanya, terdapat emoji sayap, kipas lipat, penjepit rambut, marakas, seruling, simbol Khanda (simbol keyakinan pengikut Sikhisme), dan emoji Wi-Fi.

Emoji-emoji ini akan hadir di iOS dan Android serta beberapa media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Akan tetapi, emoji tersebut masih belum bisa ditemukan karena masih berupa draf dan belum resmi digulirkan.

Jadwal perilisan emoji baru

Ilustrasi Emojipedia (Sumber: Twitter/Emojipedia)Emojipedia Ilustrasi Emojipedia (Sumber: Twitter/Emojipedia)
Berdasarkan jadwal yang diungkap Emojipedia, setelah menyiapkan draf Emoji 15 bulan ini, Unicode Consortium rencananya akan meresmikan emoji final tersebut pada bulan September.

Kemudian, sekitar bulan Oktober hingga Desember 2022 mendatang, emoji-emoji tersebut sudah dapat digunakan oleh layanan Google, seperti Gmail, Youtube, dan platform Android.

Lalu, pada Januari-Oktober 2023, Emoji 15.0 rencananya sudah bisa digunakan di platform lain, seperti Apple, Samsung, Facebook, dan Twitter.

Baca juga: Semua Emoji Kini Bisa Dipakai untuk Reactions Percakapan WhatsApp

Jika melihat draf emoji yang direkomendasikan, jumlahnya sangat sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya, setidaknya ada selisih ratusan emoji. Tahun lalu, Emoji 14.0 hadir dengan 122 rekomendasi emoji baru, sedangkan Emoji 13.0 ada 334 emoji baru.

Hal itu juga diakui oleh Emojipedia.

“Faktanya, ini adalah jumlah (emoji) paling sedikit dari emoji baru yang direkomendasikan oleh Unicode hingga saat ini," kata Emojipedia, dirangkum KompasTekno dari blog resmi Emojipedia, Jumat (14/7/2022).

Kendati begitu, Emojipedia berharap banyak pihak bisa memberikan dukungan pada emoji baru ini sehingga sebagian besar pembaruan bisa dapat dilakukan pada paruh pertama 2023.

Baca juga: Google Docs Kini Bisa Dikomentari dengan Emoji Reactions, Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com