Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Akun dengan Profile Picture Hitam yang Sedang Ramai di TikTok?

Kompas.com - Diperbarui 18/07/2022, 09:17 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di TikTok, terdapat beberapa tren yang kerap diikuti oleh pengguna. Adapun salah satu tren TikTok yang kini sedang ramai diperbincangkan adalah akun dengan foto profil atau Profil Picture (PP) berwarna hitam polos.

Dalam tren ini, terpantau terdapat banyak akun pengguna yang memakai PP hitam polos, dibarengi dengan pemakaian nama profil “PP Hitam” pula. Contoh dari tren PP hitam TikTok tersebut, bisa dilihat lewat hasil tangkapan layar di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata “NT” yang Sering Digunakan di TikTok dan Twitter

 

Tangkapan layar hasil pencarian tren PP hitam di TikTok.KOMPAS.com/Zulfikar Tangkapan layar hasil pencarian tren PP hitam di TikTok.

Cukup mudah untuk menemukan pengguna yang tengah menggiatkan tren PP hitam TikTok. Saat mencari kata kunci “PP hitam” di TikTok, bakal langsung muncul daftar akun-akun yang menggunakan foto profil warna hitam polos.

Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat akun pengguna PP hitam berseliweran di halaman linimasa atau For Your Page (FYP) TikTok. Kendati mudah ditemukan, namun tahukah apa itu PP hitam TikTok?

Pada beberapa unggahan video dari akun dengan PP hitam di TikTok, sebenarnya tidak termuat penjelasan yang detail mengenai arti dari tren ini. Kemudian, juga tidak diketahui secara pasti siapa yang mengawalinya.

Berdasar keterangan waktu dari halaman pencarian, tren PP hitam TikTok mulai merebak sejak akhir bulan lalu dan masih berlanjut hingga kini. Terdapat cukup banyak video juga yang sudah diunggah oleh akun-akun dengan PP hitam.

Salah satu contoh video tersebut bisa dilihat lewat unggahan dari akun dengan PP hitam di TikTok ber-handle @usernamexi57, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

@usernamexi57 selamat mencoba ???? #pphitamkeluarlah #pphitam #trend #moots #fyp? ? KANEE IN AJAA YAKAN - ????????????????

Isi dari video yang telah ditonton sebanyak lebih dari tiga juta kali itu, termuat ajakan ke pengguna lain dengan kalimat “Pakai PP hitam”, “Follow akun ini”, dan “Spam komen (komentar) 3x (tiga kali)”.

Selain itu, dalam deskripsi video tersebut, terdapat pula penggunaan beberapa hashtag (tagar) dengan kata “#pphitam” dan “#moots”.

Penggunaan dua tagar tersebut juga dapat dilihat pada unggahan video dari akun dengan handle @braxzibby, yang juga menggunakan PP hitam di TikTok, sebagaimana tertera di bawah ini.

@braxzibyy ril cuy#pphitam#motss ? suara asli - zerz`softboy???? - ZERZ`SOFTBOY????

Dibarengi dengan penggunaan tagar “#pphitam” dan “#motss”, video dari @braxzibby memuat semacam gambar dari halaman notifikasi TikTok yang berisi sejumlah pengikut atau follower baru.

Kumpulan follower baru yang ditunjukkan dalam gambar di video tersebut, tampak kebanyakan datang dari akun lain dengan PP hitam juga.

Kesamaan lain dari dua contoh unggahan video dari akun dengan PP hitam di TikTok, juga bisa ditemui melalui kolom komentar. Berdasarkan pengamatan di kedua video tersebut, terdapat beberapa komentar dari akun PP hitam lain dengan kata kunci yang mirip.

Kata kunci di kolom komentar tersebut antara lain seperti “notif +99” dan “ditunggu notifnya”, sebagaimana tertera pada tangkapan layar di bawah ini.

Tangkapan layar isi kolom komentar unggahan video dari akun PP hitam @usernamexi57.KOMPAS.com/Zulfikar Tangkapan layar isi kolom komentar unggahan video dari akun PP hitam @usernamexi57.

Kesamaan-kesamaan di atas bisa dikatakan menjadi satu kebiasaan dari akun yang menggiatkan tren PP hitam TikTok. Dari kesamaan itulah, arti PP hitam di TikTok bisa dideskripsikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com