Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Channel YouTuber Gaming Windah Basudara Hilang, Diduga Kena Hack

Kompas.com - Diperbarui 18/07/2022, 07:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akun YouTube Windah Basudara terpantau hilang dan tak bisa diakses pengguna pada Minggu (17/7/2022). Akun milik YouTuber gaming bernama lengkap Brando Franco Windah itu diduga diretas alias di-hack sejak Sabtu (16/7/2022).

Windah sendiri terkenal sebagai YouTuber gaming asal Indonesia yang memiliki pembawaan lucu ketika siaran langsung (live streaming). Selain itu, ia juga dikenal sebagai Brand Ambassadors dari RRQ E-Sport dan memiliki basis penggemar bernama "bocil kematian".

Sebelum hilang, akun YouTube Windah Basudara yang memiliki hampir 8 juta subscriber itu juga sempat digunakan untuk melakukan siaran langsung membahas salah satu mata uang kripto.

Baca juga: YouTuber Minecraft Technoblade Meninggal pada Usia 23 Tahun

Menurut penonton yang menyaksikan, live streaming soal kripto tersebut berlangsung sejak Sabtu (16/7/2022) pukul 05.00 WIB.

Hingga pukul 14.00 WIB pada hari yang sama, siaran soal kripto itu masih berlangsung. Konten-konten video lain yang sebelumnya diunggah Windah, hilang dari saluran YouTube-nya.

Dalam sebuah utas di Twitter, live streaming kripto itu terlihat menggunakan thumbnail bertuliskan "Ripple Live Conference". Ripple adalah perusahaan layanan pembayaran di industri keuangan yang juga pencetus lahirnya koin kripto bernama "XRP".

Melalui sebuah posting di Instagram Stories, Windah membagikan kabar peretasan akun YouTube milik-nya itu tersebut dengan nada sarkasme.

"Akhirnya guys! Rekor pertama kali, gua live jam setengah 6 pagi dan kita bisa mencapai 60 ribuan viewer ya teman-teman," tulis Windah, sebagaimana dilaporkan Tribunnews.

YouTube Windah Basudara Hilang

Tangkapan layar channel YouTube Windah Basudara yang hilang pada Minggu (17/7/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar channel YouTube Windah Basudara yang hilang pada Minggu (17/7/2022).
Pada Sabtu (16/7/2022) akun YouTube Windah masih bisa diakses. Namun, kini, pantauan KompasTekno pada Minggu (17/7/2022) pagi, akun YouTube Windah Basudara justru hilang dan tak bisa lagi diakses pengguna.

Ketika KompasTekno mencoba mengeklik tautan ke channel YouTube Windah Basudara, kami hanya menemui jendela YouTube 404 Not Found.

Alih-alih tampilan channel YouTube Windah Basudara, kami justru disajikan layar kosong bertuliskan "Halaman ini tidak tersedia. Kami mohon maaf. Coba telusuri yang lain".

Baca juga: YouTube BNPB Diduga Diretas, Tayangkan Siaran Langsung Bahas Ethereum

Hilangnya akun YouTube Windah Basudara ini pun memantik reaksi dari penggemarnya. Nama Windah Basudara sempat menjadi trending topic di Twitter pada hari Sabtu.

Dengan lebih dari 1.400 cuitan, para penggemar Windah Basudara ramai-ramai menyenggol akun Twitter resmi @TeamYouTube dan meminta YouTube segera memulihkan akun Windah.

Hingga Minggu pagi, sejumlah warganet juga masih ramai mengungkapkan kesedihannya karena YouTube Windah Basudara hilang. Tak lupa, mereka menggaungkan "kembalikan akun YouTube Windah Basudara" sambil me-mention @TeamYouTube.

KompasTekno sudah mencoba menghubungi Windah Basudara terkait nasib saluran YouTube-nya itu. Namun, hingga berita ini ditulis, Windah belum merespons.

Pernah dialami akun BNPB

Kejadian serupa pernah dialami akun BNPB pada akhir 2021 lalu. Akun resmi YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diduga diretas pada Kamis (9/12/2021).

Selain diretas, akun YouTube BNPB digunakan untuk melakukan siaran langsung (live streaming) membahas salah satu mata uang kripto, yaitu Ethereum selama kurang lebih 8 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com