Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Teams Tumbang Global, Ribuan Pengguna Kena Dampak

Kompas.com - 21/07/2022, 10:24 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ribuan pengguna dari sejumlah negara mengeluhkan adanya gangguan pada layanan Microsoft Teams atau Teams.

Microsoft Teams dilaporkan tumbang secara global sejak Kamis (21/7/2022) sekitar pukul 08:30 WIB. Para pengguna mengeluhkan fitur pesan Teams yang error, hingga tak bisa membuka aplikasi konferensi online tersebut sama sekali.

Pantauan KompasTekno dari halaman Downdetector, laporan terkait tumbangnya Microsoft Teams muncul sejak pukul 8.11 WIB. Laporan tercatat memuncak pada pukul 9.11 dengan total lebih dari 4.500 pengguna melaporkan gangguan Teams.

Baca juga: Cloudflare Down, Discord dkk Ikut Tumbang

Di halaman Downdetector Indonesia ada sekitar 765 pengguna yang melaporkan terjadinya gangguan Microsoft Teams.

Pantauan KompasTekno, keluhan Teams error juga menggema di Twitter karena dialami secara global. Topik Teams error dan Teams down bahkan menjadi trending topic baik di Twitter Indonesia maupun dunia.

Pihak Microsoft sendiri sudah menyadari adanya masalah ini. Melalui akun Twitter dengan handle @MSFT365Status, Microsoft mengatakan pihaknya sedang mengupayakan perbaikan masalah ini.

"Kami menemukan bahwa pengembangan baru-baru ini mengakibatkan koneksi terputus ke layanan penyimpanan internal, dan berdampak kepada pengguna. Kami sedang berupaya mengarahkan trafik ke layanan yang normal untuk meminimalisasi dampaknya," tulis Microsoft.

Hingga berita ini ditulis, error atau gangguan di Teams masih terjadi. KompasTekno mencoba membuka aplikasi tersebut versi desktop, tetapi tak berjalan normal. Teams hanya menampilkan keterangan bahwa aplikasi tidak dapat terhubung ke internet.

Baca juga: Microsoft Teams Rilis Fitur Baru Serupa Zoom

Microsoft Teams sendiri merupakan aplikasi konferensi online atau panggilan video yang digunakan pengguna maupun perusahaan untuk menunjang komunikasi selama bekerja maupun sekolah.

Akibatnya, sejumlah pengguna mengeluhkan bahwa pekerjaan maupun aktivitas pendidikan mereka terhambat karena Ms Teams yang tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com