Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi File Transfer Protocol, Fungsi, dan Manfaatnya

Kompas.com - 23/07/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam dunia internet terdapat beragam istilah yang terkadang kurang dimengerti sebagian pengguna. Istilah-istilah yang dirasa asing ini tanpa sadar sering digunakan dalam menggunakan internet. Salah satunya File Transfer Protocol (FTP).

Apa itu FTP? FTP sendiri merupakan layanan internet yang digunakan untuk menghubungkan ke server internet tertentu atau komputer untuk mengirimkan file ke komputer atau biasa disebut dengan download/upload. FTP sangat umum berfungsi untuk melakukan pertukaran data.

Baca juga: Apa itu Cloudflare yang Bikin Layanan Internet Down Hari Ini?

Fungsi File Transfer Protocol (FTP)

  • Melakukan upload halaman web dalam web hosting ke internet
  • Mengirimkan file berukuran besar menjadi dua partisi
  • Menjelajah dan mengunduh file
  • Mengunduh dan melakukan upload konten

Manfaat File Transfer Protocol (FTP)

Keamanan

Pada akhirnya, manfaat terbesar menggunakan server FTP dibandingkan pilihan lain adalah tingkat keamanan yang dapat diberikan. FTPS dan SFTP, keduanya merupakan protokol transfer file yang aman (terenkripsi yang melindungi data yang dibagikan dengan lebih baik).

Ini memberi Anda jaminan tambahan bahwa file sensitif Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah, karena dienkripsi saat transit.

Mengirim ukuran file besar

Dengan FTP pengguna dapat menggunakan server FTP yang memungkinkan Anda mengirim gigabyte data sekaligus.

Meningkatkan efisiensi pekerjaan

Dengan FTP Anda dapat mengirim data dalam jumlah besar dalam sekejap. Anda juga dapat terus bekerja saat transfer besar sedang dilakukan atau menjadwalkan transfer besar untuk malam atau akhir pekan, sehingga alur kerja Anda tidak terganggu.

Selain itu, menggunakan server FTP memberi Anda satu lokasi untuk menyimpan semua file Anda. Ini mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan tim untuk mencari bagian data tertentu. Hal ini juga mengurangi kemungkinan file yang hilang.

Baca juga: Apa Itu Starlink? Layanan Internet Satelit yang Dijanjikan Hadir di Indonesia Mulai 2023

Melakukan recovery otomatis

Saat terjadi gangguan, seperti koneksi internet, mati listrik, atau bahkan gangguan lain Anda tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan. Sebaliknya, data Anda secara teratur dan otomatis dicadangkan ke lokasi lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com