Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Macam Layanan Internet dan Fungsinya

Kompas.com - 24/07/2022, 16:04 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang untuk mengakses informasi tertentu.

Dalam dunia internet tentu memiliki beragam layanan yang memiliki fungsi khusus. Tanpa layanan internet pengguna akan kesulitan mengakses informasi yang dibutuhkan.

Layanan internet juga dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Untuk mengetahui beragam layanan internet yang biasa kamu manfaatkan, selengkapnya berikut ini ulasan enam macam layanan internet beserta fungsinya.

Baca juga: 3 Manfaat Mode Incognito Mode untuk Browsing di Internet

World Wide Web (www)

World Wide Web (www) mungkin sudah tidak asing bagi pengguna internet. Www kerapkali ditemukan di bagian depan alamat url suatu website. World Wide Web (www) sendiri merupakan kumpulan dokumen hypertext yang tersimpan dalam internet web server.

Melalui link ini, Anda lebih mudah berpindah satu halaman ke halaman lain atau dari satu server ke server lainnya hanya dengan mengkliknya.

E-mail

E-mail atau electronic mail adalah layanan internet untuk mengirim surat dengan media elektronik. Dengan fasilitas ini pengguna bisa berkirim surat dalam bentuk teks hanya dengan beberapa detik saja.

Pengirim cukup memasukkan alamat yang dituju tanpa harus memakai prangko
ataupun pergi ke kantor pos. Syaratnya pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki alamat e-mail.

E-mail memiliki fitur mail box yang berfungsi untuk menerima e-mail yang masuk, membalas pesan, menghapus, hingga mengeditnya. Selain berkirim pesan, pengguna sesama e-mail dapat berkirim file berupa dokumen, gambar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengapa E-mail Bisa Masuk ke Spam di Gmail? Ini 5 Penyebabnya

Chatting

Sejak kemunculan internet layanan telepon atau SMS saat ini cukup jarang digunakan. Semakin berkembangnya internet, pengguna lebih beralih ke layanan chatting.

Menurut JUD dalam buku Kursus Singkat & Cepat Internet (2016) dilansir dari Kompas, chatting adalah aktivitas percakapan yang dilakukan lewat media internet, tanpa harus bertatap muka dengan lawan bicaranya.

Chatting bisa dilakukan secara kelompok dalam suatu chatroom atau berdua saja dalam mode private.

Search Engine

Dalam mengakses situs atau laman tertentu Anda tentu memerlukan layanan search engine. Layanan ini yang berguna bagi pengguna menuju laman dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Search engine adalah mesin pencari yang merupakan program berbasis web diperuntukkan untuk mencari informasi. Layanan ini berfungsi untuk mencari informasi yang dibutuhkan para pengguna internet sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan.

Baca juga: 2 Cara Ganti E-mail di Akun Genshin Impact

 

Informasi yang dapat dicari bermacam-macam, mulai alamat situs web, alamat blog, berita, data, dan informasi lainnya, baik yang sudah lampau maupun informasi terkini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com