Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengunci Aplikasi di Oppo Reno7 4G

Kompas.com - 25/07/2022, 15:45 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika seseorang memasang aplikasi di smartphone mereka, tak jarang mereka ingin aplikasi-aplikasi tersebut tidak diakses atau dibuka oleh orang lain.

Beberapa aplikasi tersebut biasanya adalah aplikasi yang menyimpan data pribadi kita seperti aplikasi bank hingga dompet digital, aplikasi percakapan (chatting) yang isinya adalah pesan-pesan pribadi, dan lain sebagainya.

Nah, agar aplikasi aman dan tidak diakses orang lain, kita sebenarnya bisa mengaktifkan fitur App Lock yang terdapat di berbagai smartphone kekinian. Salah satu perangkat yang memiliki fitur tersebut adalah Oppo Reno7 4G

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Mengatur Orbit Light di Oppo Reno 7 4G

Dengan fitur ini, kita bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dilindungi oleh sistem pengaman ponsel seperti kata sandi (password) atau pemindai sidik jari (fingerprint). Lantas, bagaimana cara mengunci aplikasi di Oppo Reno7 4G?

Cara mengunci aplikasi di Oppo Reno7 4G

 

Cara mengunci aplikasi di Oppo Reno7 4G.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara mengunci aplikasi di Oppo Reno7 4G.

  • Pertama-tama, pergi ke menu "Settings".
  • Lalu, pilih menu "Apps".
  • Selanjutnya, gulirkan (scroll) layar ke bawah dan pilih menu "App lock". 
  • Kemudian, pilih tombol "Settings" di halaman berikutnya untuk memasukkan password yang nantinya bisa dipakai untuk membuka kunci aplikasi.
  • Setelah memasukkan password yang diinginkan, kita akan disuguhkan dengan halaman "App lock". Di sini, pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan memindahkan "tuas" alias toggle di sebelah kanan nama masing-masing aplikasi menjadi warna hijau.
  • Ketika sudah dikunci, maka aplikasi tersebut akan dimasukkan ke tab "Locked", sebagaimana ilustrasi gambar di tengah di bawah ini.

Cara mengunci aplikasi di Oppo Reno7 4G.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara mengunci aplikasi di Oppo Reno7 4G.

  • Selain memilih aplikasi, halaman "App lock" juga menyediakan menu pengaturan yang bisa diakses dengan mengeklik ikon "gir" yang terletak di pojok kanan atas halaman tersebut. 
  • Di menu pengaturan, kita bisa mengganti password untuk membuka kunci aplikasi melalui menu "Privacy password".
  • Pada halaman yang sama, kita juga bisa mengatur kapan sebuah aplikasi bakal dikunci ketika telah dibuka dengan mengunjungi menu "Lock app when". 
  • Selain itu, kita juga bisa mengatur metode apa saja yang bisa digunakan untuk membuka kunci aplikasi, selain memasukkan password, dengan mengunjungi menu "Other unlock methods", sebagaimana ilustrasi gambar di sebelah kanan di atas. 
  • Setelah kita memilih aplikasi yang ingin dikunci dan semua pengaturannya selesai diatur, aplikasi-aplikasi yang terkunci tersebut nantinya hanya bisa diakses dengan cara memasukkan password atau fingerprint kita terlebih dahulu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com