Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton Live Streaming Habiskan Jutaan Rupiah demi Sawer Kreator, Apa Motivasinya?

Kompas.com - Diperbarui 27/07/2022, 19:03 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, banyak kreator konten yang mencoba peruntungan lewat fitur live streaming. Banyak dari mereka memanfaatkan berbagai platform live streaming, seperti Twitch, TikTok, YouTube, SnackVideo, Bigo Live, dll.

Tidak sedikit dari kreator konten itu meraup pundi-pundi dari live streaming. Mereka menunjukkan aneka macam konten untuk menarik sebanyak mungkin penonton. Jenis kontennya bisa apa saja, sesederhana mengobrol dengan audiens, menyanyi, berjoget, atau melakukan tantangan yang diberikan penonton.

Nah, selama live streaming berlangsung, penonton bisa memberikan "saweran" atau gift kepada kreator. Biasanya, gift yang disawerkan berbentuk stiker.

Masing-masing stiker memiliki nilai tertentu yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang tunai dan menjadi pendapatan bagi kreator. Bagi penonton yang royal, mereka tak tanggung-tanggung mengeluarkan uang sebanyak mungkin untuk menyawer kreator favoritnya.

Baca juga: Ketika Live Streaming Jadi Lahan Kreator Cari Duit secara Instan...

Salah satunya pernah dilakukan oleh seorang warganet yang memiliki handle akun Boom Live dengan inisial PKR. Seperti Twitch atau SnackVideo, Boom Live adalah platform asal China yang didedikasikan khusus untuk layanan live streaming.

Demi menyawer kreator favoritnya, PKR mengatakan bahwa dia pernah menghabiskan uang hingga Rp 10 jutaan.

“Kalau (uang yang sudah) top up kurang tahu ya, tapi (sekitar) Rp 10 jutaan ada sih. Dalam kurun waktu enggak sampai satu tahun,” ujarnya kepada KompasTekno, Jumat (15/7/2022).

Dia juga mengaku pernah menghabiskan uang senilai Rp 3 juta dalam seminggu untuk sekadar menyawer streamer (orang yang melakukan streaming).

Dia mengatakan, apabila ingin menyawer kreator, penonton harus lebih dahulu melakukan top up (pembelian) koin. Koin tersebut yang nantinya digunakan sebagai "uang" untuk menyawer sang streamer.

Beberapa aplikasi yang biasa diakses PKR adalah Boom Live, Kitty, dan Bigo. Di aplikasi-aplikasi itu, ParkKeeRan lebih sering menonton konten live streaming obrolan dengan kreator atau streaming game, seperti Mobile Legends.

Baca juga: Pengguna TikTok di Rusia Tak Bisa Live Streaming dan Bikin Konten

Demi kepuasan

Dia mengaku cukup sering menyawer kreator secara acak. Jika menemukan salah seorang streamer yang menarik, dia bisa saja langsung memberikan sejumlah koin kepada streamer tersebut atau menonton live tersebut sampai selesai.


Ilustrasi streaming film lewat ponsel.(iSTOCK/oatawa) Ilustrasi streaming film lewat ponsel.

Menurut PKR, ada kepuasan tersendiri saat dia bisa memberikan gift kepada streamer.

“Sebenarnya enggak ada keuntungan yang saya dapatkan ya. Cuman kayak ada kesenangan tersendiri kalau kita (penonton) melihat streamer-nya itu senyum kayak senang (dapat saweran). Ini personal buat saya ya, enggak tahu (kalau) orang lain,” ujarnya kepada KompasTekno.

Respons dan tanggapan yang diberikan streamer memotivasi PKR untuk kembali melakukan sawer. Dirinya sendiri juga mengakui kalau sistem sawer ini cukup membuat dirinya ketagihan.

Keinginan untuk terus menyawer cukup sering muncul, setiap kali dia menonton live streaming selama ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com