Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Baru Gmail Meluncur untuk Semua Pengguna

Kompas.com - 28/07/2022, 14:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Uji coba tampilan baru dari Gmail yang menggunakan bahasa desain “Material You” sudah mulai digelontorkan Google sejak awal Juni lalu. Kini, tampilan baru tersebut sudah dirilis untuk semua pengguna Gmail versi web.

Pembaruan tampilan ini secara tidak langsung menggabungkan layanan Google lainnya, seperti Google Meet, Chat, dan Spaces ke Gmail. Dikarenakan ketiga layanan tersebut bakal langsung terintergrasi di tampilan Gmail yang baru.

Adapun tampilan baru ini juga sejalan janji Google, kalau nantinya para pengguna bakal melihat berbagai peningkatan fitur di Gmail, khususnya untuk pengguna tablet. Misalnya, tampilan emoji yang lebih baik, meningkatkan fitur aksesibilitas, dan sebagainya.

Baca juga: Google Mulai Gelontorkan Tampilan “Material You” untuk Gmail Versi Web

Teruntuk pengguna yang aktif menggunakan layanan Gmail, kemungkinan besar sudah melihat tampilan baru dari Gmail. Nah, bagi yang belum familiar, Gmail bakal hadir dengan gaya yang lebih minimalis dibanding sebelumnya.

Salah satu perubahan yang paling mencolok terletak pada palet warnanya. Material You yang dipakai Gmail mengombinasikan elemen antarmuka baru dari standar Material Design Google saat ini. Tampilannya tidak lagi berwarna putih, melainkan abu-abu muda.

Lewat Material You, sistem juga secara otomatis akan mengubah warna panel dari menu sesuai dengan warna dominan dari wallpaper atau tema yang digunakan. Berikut adalah contoh perbandingannya.

Foto pertama adalah Gmail versi lama, sedangkan foto kedua merupakan tampilan Gmail versi terbaru.

Tampilan Gmail versi lama (Sumber: Google)Google Tampilan Gmail versi lama (Sumber: Google)
Tampilan Gmail baru menggunakan Material You (Sumber: Google)Google Tampilan Gmail baru menggunakan Material You (Sumber: Google)

Selain dari warna, posisi navigasi untuk email, Chat, Spaces, dan Meet juga mengalami perubahan. Menu email, Chat, Spaces akan dipisah ke dalam satu panel yang terletak di sebelah kiri. Sebelumnya, menu tersebut digabung semua di dalam satu panel bersama email.

Baca juga: Mengapa E-mail Bisa Masuk ke Spam di Gmail? Ini 5 Penyebabnya

Jadi, jika pengguna mengeklik ikon “Mail”, menu utama dan tampilan yang ditunjukkan hanya berisikan pesan masuk saja. Lalu, bila lanjut mengeklik “Meet”, maka yang muncul adalah jadwal pertemuan daring yang bakal dilaksanakan.

Hal ini mengindikasikan kalau penambahan bilah navigasi di Gmail bertujuan untuk mempermudah pengguna agar lebih terarah menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam Gmail.

Masih bisa diubah

Tampilan baru tersebut belum ditetapkan oleh Google sebagai tampilan default. Sehingga pengguna masih bisa bebas memilih ingin menggunakan tampilan versi lama atau versi terbaru.

Baca juga: Cara Mengganti Nama Akun di Gmail

Untuk pengguna yang ingin kembali ke versi lama, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik ikon “Settings” atau “Pengaturan” di bagian kanan atas laman Gmail
  • Nantinya pengguna akan melihat “Quick Settings” yang muncul
  • Pilih “Go back to the original Gmail view” atau “Kembali ke tampilan asli Gmail”
  • Lalu pilih “Reload” atau “Muat Ulang”

Seperti yang dihimpun dari The Verge, Kamis (28/7/2022), juru bicara Google Amanda Lam memaparkan kalau fokus dari tampilan baru ini memungkinkan pengguna, yang mengakses banyak aplikasi sekaligus, dapat dilakukan dalam satu laman saja.

“Fokus dari tampilan yang terintergrasi ini adalah untuk pengguna yang banyak (mengakses) aplikasi. Pada akhir tahun ini, pengguna akan mendapatkan pengalaman (kebaruan) ini, jika mereka (pengguna) memilih untuk (tetap) menggunakan Google Chat atau Google Meet,” ujar Amanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com